Home » Politik » Tiga Komisioner KPU Bantah ada Konspirasi
Tiga Komisioner KPU Bantah ada Konspirasi
Ketua Timsel Panwaslu Zona II Aminuddin Kasim saat berbincang-bincang dengan tiga komisioner KPU Banggai disela-sela seleksi tes tertulis di gedung pemuda Luwuk, beberapa waktu lalu.

Tiga Komisioner KPU Bantah ada Konspirasi

LUWUK— Tuduhan Suhartono Sahido bahwa KPU Banggai telah berkonspirasi bersama Ketua tim seleksi (timsel) Panwaslu Zona II Aminuddin Kasim, membuat tiga komisioner lembaga penyelanggara pemilu itu angkat bicara.
Ketua KPU Banggai, Irman Budahu yang dikonfirmasi via ponsel, Selasa (25/7) mengatakan, kalau benar tuduhan konspirasi itu, maka sangat naif. “Somo bubar ini negara kalau itu terjadi,” ucap Irman.
Sama sekali tidak benar tegas Irman, lembaga yang dipimpinnya itu membangun konspirasi bersama Ketua Timsel. “Itu melanggar kode etik. Apalagi dilakukan pada hal yang illegal,” kata Irman.
Komisioner KPU Banggai, Teguh Yuwono juga menangkis klaim kontestan calon Panwaslu Banggai yang tak lolos pada seleksi tes tertulis itu. “Secara pribadi tidak mungkinlah saya berkonspirasi dengan Ketua Timsel. Dan tidak ada kepentingan,” jawab Teguh.
Memang lanjut Divisi Teknis KPU Banggai ini, para personil KPU Banggai sudah saling mengenal dengan Aminuddin Kasim. Bahkan KPU Banggai punya komitmen yang sama untuk membangun lembaga penyelenggara pemilu pada semua tingkatan dengan lebih baik, mulai dari netralitas hingga berintegritas. “Secara anggota KPU, saya tidak pernah diajak bicara soal seleksi Panwas. Dan tidak pernah dengar ada pembicaraan soal itu,” ucapnya.
Amir Buhang tak banyak memberi komentar. Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Banggai ini menyampaikan bahwa apa yang disampaikan Ketua KPU sudah mewakili secara kelembagaan. “Saya kira klarifikasi pak Ketua (Irman Budahu) bahwa tidak ada konspirasi bersama Ketua Timsel sudah mewakili lembaga KPU,” jawab Amir.
Tak hanya tiga komisioner minus Dri Sucipto (calon Panwaslu) dan Hasrianti, Ketua Timsel Zona II Panwaslu Aminuddin Kasim juga menyanggahnya. “Sama sekali hal itu tidak benar,” jawab Aminuddin simple. (yan)

 

About uman