Home » Metro Luwuk » Bawas MA Periksa PN Luwuk
Bawas MA Periksa PN Luwuk
Sudirman SH

Bawas MA Periksa PN Luwuk

LUWUK–Tim Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung (MA) memeriksa Pengadilan Negeri Luwuk terkait dugaan kesalahan prosedur pelaksanaan eksekusi lahan di komplek Tanjung, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk.
Pemeriksaan itu dilakukan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang merupakan korban eksekusi melalui DPRD Banggai.
Tim Bawas MA yang terdiri dari empat orang itu memeriksa langsung Ketua Pengadilan Negeri Luwuk Ahmad Yani SH, MH. Pemeriksaan dimulai sejak pagi hingga sore hari. Dalam pemeriksaan juga dihadiri beberapa anggota DPRD Banggai dari berbagai fraksi, namun tidak terlihat fraksi PDIP.
Humas Pengadilan Negeri Luwuk, Sudirman SH, saat dikonfirmasi awak media menyatakan, kedatangan tim Bawas MA untuk menjalankan fungsi pengawasan karena merupakan bagian dari tugas kelembagaan. “Kedatangan Bawas MA menyikapi laporan DPRD Banggai soal eksekusi Tanjung,” katanya, Selasa (25/7).
Tak hanya pengadilan, ada beberapa lembaga juga dimintai keterangannya. Sejauh ini, kata dia, pengadilan tetap berjalan pada normatif hukum saat pelaksanaan eksekusi Tanjung. Kalaupun ada kesalahan prosedur, Pengadilan Negeri Luwuk akan membiarkan prosesnya berjalan. “Pada prinsipnya, PN telah menjalankan berdasarkan isi putusan,” tandas Sudirman.
Menurutnya, eksekusi Tanjung dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan. “Kalau dipermasalahkan itu merupakan dinamika publik,” katanya. “Biarkan proses ini berjalan. Biarkan Bawas MA bekerja sesuai tupoksinya,” kata Sudirman lagi.(awi)

About uman