Home » Berita Utama » Mustar segera Gantikan Linda
Mustar segera  Gantikan Linda
Mustar Labolo

Mustar segera Gantikan Linda

LUWUK—Pergantian pada pucuk pimpinan DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai, rupanya tak sebatas wacana. Informasi reposisi jabatan ketua dari Linda Sunusi Tjatjo kepada Mustar Labolo, diperkuat sejumlah fungsionaris partai berlambang kepala burung garuda tersebut.
Jika sebelumnya, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai, Julius Tipa mengaku kabar itu bisa iya dan bisa tidak, tapi kali ini dipertegas oleh Wakil Ketua OKK Abdul Djalal Yunus.
“Informasi ibu Linda mundur dan bakal digantikan Mustar Labolo itu memang benar. Dan kabar yang disampaikan Julius itu juga tidak sekedar wacana,” ucap Djalal yang ditemui, Senin (24/7).
Hanya saja sambung mantan pejabat birokrasi di lingkup Pemda Banggai ini, sejauh ini legalitas formalnya belum ada. Tapi yang pasti kata Djalal lagi, siapapun nantinya yang mendapat legitimasi, Partai Gerindra tetap dan semakin eksis di Kabupaten Banggai.
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Banggai, Winancy Ndobe turut memperkuat kabar tersebut. Bahkan disentil alasan Linda memilih mundur sebagai ketua juga dijawabnya. “Ibu Linda akan lebih fokus menjaga suaminya. Kalaupun itu terjadi, maka ibu Linda akan masuk dalam struktur Dewan Penasehat,” kata Winancy.
Tapi sambung anggota Komisi 1 DPRD Banggai ini, sepanjang belum ada SK pergantian, maka itu masih disebut wacana. “Intinya kan kalau sudah ada SK,” ucapnya.
Staf ahli Fraksi Partai Gerindra, Zainal Abidin menambahkan, berdasarkan Munas DPP Partai Gerindra, proses pergantian struktur partai tidak dilakukan pemilihan. Khusus proses pergantian jabatan ketua, tahapan awal diusulkan dari kabupaten yang selanjutnya direkomendasikan pengurus di provinsi.
Awalnya kata Zainal, ada lima nama yang diusulkan ke DPD Partai Gerindra Sulteng. Kelima nama itu disebutnya, yakni Winancy Ndobe, Masnawati Muhammad, Naim Saleh, Muhtar Dari dan Abdul Djalal Yunus. Tapi seiring waktu berjalan masuk nama Mustar Labolo dalam daftar. “Nama Mustar diusulkan DPD Gerindra Sulteng,” kata dia.
Apakah ada komplain pengurus, mengingat Mustar bukan kader Gerindra? Zainal menjawab, karena menjadi usulan dari level atas, maka di daerah legowo.

RIVAL HERWIN
Sejumlah pengamat politik berpendapat, ketika Mustar resmi menjabat Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai, maka menjadi embrio pecah kongsi antara Bupati-Wakil Bupati Banggai, Herwin Yatim dan Mustar Labolo. Bahkan diprediksi Mustar bakal menjadi rival Herwin Yatim pada momentum pilkada 2021. Hitungan politik mereka, Herwin tak bisa memandang sebelah mata Mustar, mengingat sudah memiliki kekuatan Gerindra di belakangnya. Apalagi belakangan ini elektabilitas partai bentukan Prabowo Subiyanto tersebut terus meroket.
Menanggapi spekulasi politik itu, Abdul Djalal Yunus tidak banyak memberi argumen. “Asumsi itu terlalu jauh. Dan saya tidak yakin itu terjadi. Sebab kebersamaan Herwin dan Mustar semua tahu, seperti pinang dibelah dua,” ucapnya singkat.
Winancy Ndobe juga tak sependapat dengan analisa politik tadi. Malah kata Winancy, komunikasi politik antara Herwin dan Mustar akan lebih solid, ketika keduanya sama-sama mengendalikan partai politik yang berbeda.
“Pak Ketua DPD Gerindra Sulteng yang juga pak Gubernur Longki Djanggola dekat dengan pak Herwin. Tidak mungkin lah jabatan Ketua Gerindra Banggai diberikan pada Mustar lantas berdampak buruk. Pasti keduanya makin solid,” kata mantan Ketua Komisi 1 DPRD Banggai ini. (yan)

About uman