Home » Politik » Kuota Perempuan jadi Pertimbangan
Kuota Perempuan jadi Pertimbangan
Aminuddin Kasim

Kuota Perempuan jadi Pertimbangan

LUWUK— Kuota 30 persen keterwakilan perempuan di tubuh Panwaslu, menjadi pertimbangan mendasar dari tim seleksi (timsel) calon Panwaslu kabupaten/kota se-Sulteng. Dan pesan ini kata Ketua timsel zona II Aminuddin Kasim disampaikan komisioner Bawaslu RI yang juga mantan Ketua Bawaslu Suleng, Ratna Dewi Pettalolo.
Dihubungi Luwuk Post via ponsel, Kamis (20/7) kemarin, Aminuddin mengatakan, sebelum timsel membuka pendaftaran calon, Ratna Dewi Pettalolo pernah memberi arahan kepada Timsel di kantor Bawaslu Sulteng pada tanggal 22 Juni 2017. Intinya, Timsel diharapkan mempertimbangkan kuota perempuan. Akan tetapi dengan catatan sepanjang memenuhi syarat dan memiliki kapasitas. “Arahan komisioner Bawaslu RI tersebut sejalan dengan harapan dan komitmen Timsel Zona I dan II,” kata Aminuddin.
Dijelaskannya, timsel tetap peduli dengan affirmative action soal keterwakilan perempuan. Namun ada catatan, bahwa sepanjang perempuan memiliki kapasitas dan integritas. Kita semua memang berhati-hati dan bersikap bijak dalam melihat soal keterwakilan perempuan.
Misalnya, jika ada lima atau enam perempuan calon, tapi semuanya tidak memiliki kapasitas dan itu terbukti dari hasil tertulis. Sementara pada sisi lain ada dua atau tiga perempuan calon diantara 50 orang calon selebihnya pihak laki-laki. Namun dua atau tiga perempuan itu lulus seleksi tahap tertulis dan wawancara. Itu artinya, perempuan itu memiliki kapasitas. Dalam konteks ini, maka keberadaan perempuan jangan dilihat dari sisi jumlah, tapi yang lebih penting adalah kualitas calon perempuan itu sendiri. (yan)

 

 

 

 

About uman