Home » Banggai Kepulauan » Dinkes Himbau Masyarakat Waspada DBD
Dinkes Himbau Masyarakat Waspada DBD
Ekasilawati

Dinkes Himbau Masyarakat Waspada DBD

SALAKAN-Hujan yang mengguyur Kota Salakan dan sekitarnya sejak beberapa pekan terakhir dapat memicu timbulnya penyebaran wabah penyakit di masyarakat. Meski belum ada laporan resmi akan adanya wabah penyakit yang diderita, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menghimbau agar masyarakat tetap waspada penyebaran wabah penyakit seperti DBD.
“Sampai sekarang belum ada laporan. Hanya saja masyarakat harus berhati-hati dengan penyebaran demam berdarah,” ungkap Kepala Dinkes Bangkep, Ekasilawati, Kamis (20/7) kemarin.
Seperti tahun sebelumnya, lanjut dia, penyebaran wabah penyakit DBD selalu meningkat khususnya pada musim hujan. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar serta sisa sisa genangan air hujan memicu berkembangnya bibit penyakit.
“Kalau tahun sebelumnya, jumlah penderita DBD memang meningkat. Kalaupun nanti ada laporan, kita akan langsung turun infestigasi,” katanya.
Menurut Dia, pihaknya melalui pos pos pelayanan kesehatan masyarakat yang adi di setiap kecamatan selalu berkoordinasi dan memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Pihaknya juga menyediakan mobil pelayanan 119, yang memudahkan evakuasi masyarakat dalam keadaan darurat. “Kami dapat bantuan mobil 119 dari kementerian. Mobil itu bisa digunakan masyarakat dalam keadaan darurat dan butuh pelayanan khusus,” terangnya. (and)

About uman