Home » Politik » Jangan Lahirkan Kecemburan Honorer OPD
Jangan Lahirkan Kecemburan Honorer OPD
Iswan Kurnia Hasan

Jangan Lahirkan Kecemburan Honorer OPD

LUWUK— Ketua Fraksi PKS DPRD Banggai, Iswan Kurnia Hasan mendukung usulan agar para tenaga honorer di RSU Luwuk diberi insentif. Dengan begitu akan lebih meningkatkan pelayanan kepada para pasien. Namun kata Iswan yang ditemui, Rabu (19/7) kemarin, jangan sampai melahirkan kecemburan para tenaga honorer lainnya yang tersebar pada organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemda Banggai lainnya.
“Tenaga honorer tak hanya ada di RSU Luwuk, tapi juga ada pada sejumlah instansi pemerintah lainnya. Jangan sampai jadi persoalan baru, ketika yang diadakan insentifnya hanya di RSU Luwuk,” kata Iswan.
Pada prinsipnya, Fraksi PKS sepakat ketika tenaga PHL baik di RSU Luwuk maupun di Puskesmas diberi insentif. “Dalam Islam kan jelas ditekankan bahwa idealnya sebelum kering keringat gajinya sudah dibayarkan,” jelas Iswan.
Akan tetapi tambah Iswan, yang harus dipikirkan, ketika honor para tenaga honorer di RSU Luwuk diadakan, maka sudah sepantasnyalah honorer di OPD diberlakukan serupa. Dan hal ini berkonsekwensi pada pembiayaan APBD tahun depan. “Kita lihat dulu bagaimana postur APBD tahun anggaran 2018,” ujar Iswan.
Lanjut anggota Komisi 3 DPRD Banggai ini, ketika RSU Luwuk naik status menjadi badan layanan umum daerah (BLUD), persoalan seperti ini sudah terselesaikan. Dengan BLUD, maka semua bisa dikelola dengan baik, termasuk honor para tenaga honorer serta peningkatan insentif pegawai tidak tetap daerah (PTTD) pada seluruh wilayah. “Rumah sakit sumber PAD paling besar. Apalagi hasil survei menyebutkan bahwa bisnis paling sehat itu ada pada kesehatan,” ucapnya. (yan)

About uman