Home » Berita Utama » Derita Warga Tanjung Sampai ke Istana

Derita Warga Tanjung Sampai ke Istana

LUWUK–Derita korban penggusuran tanjung rupanya sampai ke istana negara.
Ahli Madya Kedeputian V Kantor Staf Presiden, Dr Theofransus Litaay, SH, LLM, menyatakan, kehadiran mereka di Kabupaten Banggai berdasarkan penugasan dari Kantor Staf Presiden. Sebab, pihaknya memeroleh laporan dari masyarakat mengenai permasalahan yang dihadapi korban penggusuran di Tanjung, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk.
“Tugas kami di bagian Polhukam dan HAM. Maka, menjadi kewajiban kami untuk mencari data yang lengkap,” katanya saat diwawancarai awak media seusai pertemuan dengan sejumlah korban eksekusi di posko 4, komplek Tanjung, Kelurahan Karaton, Rabu (19/7).
Kantor Staf Presiden akan mencari tahu persoalan apa yang sebenarnya terjadi saat eksekusi itu, sehingga pihaknya melakukan pertemuan dengan beberapa pemangku kepentingan, baik dengan korban eksekusi maupun dengan pihak Pemda Banggai.
“Kami sudah bertemu dengan korban eksekusi, Wakil Bupati dan pengamanan dari Polres,” tutur Theofransus Litaay.
Setelah mendapatkan data dan informasi, lanjut dia, selanjutnya akan dilaporkan, dianalisis dan dikeluarkan rekomendasi, lalu disampaikan kepada Kepala Staf Presiden.
Hingga saat ini, Theofransus Litaay belum bisa menyimpulkan permasalahan yang terjadi, meskipun sudah mendengarkan keterangan korban eksekusi dan pertemuan dengan beberapa pemangku kepentingan. “Nanti setelah seluruh informasi sudah lengkap barulah bisa disimpulkan,” terangnya. “Besok (hari ini,red), kami akan ke Palu untuk berkoordiasi dengan pihak terkait,” katanya lagi.(awi)

About uman