Home » Banggai Kepulauan » Lagi, Labangun Dilanda Longsor
Lagi, Labangun Dilanda Longsor
Longsor kembali melanda Desa Labangun, Kecamatan Buko Selatan, akhir pekan kemarin. Sebelum dibersihkan oleh alat berat, material longsor sempat menutupi seluruh bagian jalan di titik longsor.

Lagi, Labangun Dilanda Longsor

SALAKAN– Desa Labangun Kecamatan Buko Selatan, kembali dilanda bencana longsor, akhir pekan lalu. Untung saja longsor tidak menyebabkan korban jiwa. Hanya saja, longsor menyebabkan akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Buko dan Buko Selatan sempat terputus. Material longsor, dikabarkan menutupi hampir seluruh badan jalan dengan panjang longsoran sekitar 20-an meter. Pada awal tahun lalu, longsor juga melanda desa tersebut.
Fuad, tokoh pemuda setempat kepada wartawan Senin (17/7) mengisahkan, longsor terjadi pada siang hari. Ketika longsor kata Fuad, desa Labangun tengah diguyur hujan deras. “Waktu itu hujan deras, tiba-tiba terdengar suara gemuruh. Belakangan baru kita tahu tebing yang ada dipinggir jalan longsor. Material longsor, sudah dibersihkan oleh alat berat milik seorang pengusaha setempat,” kisah Fuad.
Kepada wartawan Fuad menyampaikan harapannya, agar Pemda Bangkep dapat mengatasi longsor yang sering terjadi di desanya. “Kalau dimungkinkan, pemerintah membangun jalan alternatif lain agar masyarakat pengguna jalan tidak beresiko terkena dampak longsor,” harap Fuad.
Sementara itu, plt. Kepala Badan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkep, Rahmat Labuo, Senin (17/7) mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya penanganan pasca bencana di Labangun.
Kepada warga Desa Labangun dan warga lainnya di titik rawan bencana, diimbau Rahmat untuk meningkatkan kewaspadaannya. “Imbauan kami, agar bisa meningkatkan kewaspadaan khususnya bagi warga yang berada di titik rawan longsor,” imbau Rahmat. (wan)

About uman