Home » Politik » Serahkan pada Timsel dan Bawaslu
Serahkan pada Timsel dan Bawaslu
Alwin Palalo

Serahkan pada Timsel dan Bawaslu

LUWUK— Mantan Ketua Panwaslih Banggai 2015 yang kini terdaftar sebagai salah satu calon Panwaslu Kabupaten Banggai, Alwin Palalo menjawab datar sodokkan yang dialamatkan LSM Yasfora Aswan Ali. Diklarifikasi Luwuk Post, Sabtu (15/7), Alwin menyerahkan sepenuhnya pada tim seleksi (timsel) dan Bawaslu Sulteng.
“Saya serahkan semua ke timsel dan Bawaslu propinsi sebagai penentu,” jawab Alwin. Soal kritikkan, Alwin berpendapat. Baginya, masyarakat berhak memberi penilaian atau masukan dengan fair dan obyektif.
Kepada masyarakat yang sudah memberi masukan menurut Alwin, merupakan bagian dari kepedulian terhadap penyelengara pemilu, agar lebih baik lagi kedepan. Tentu sambung dia, kita semua berharap yang terpilih kelak adalah putra putri terbaik Kabupaten Banggai yang teruji integritas dan kemampuan terhadap penguasaan kepemiluan.
Sodokkan Aswan Ali itu tak hanya dialamatkan pada Alwin, melainkan juga pada dua mantan Panwaslih Banggai lainnya, yakni Boby Pondaag dan Boby Dajanun yang juga masuk dalam seleksi Panwas Banggai tahun ini.
Kata Aswan, berdasarkan laporan Panwaslih Banggai kepada dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP) sehingga Supriyadi Djafar harus di PAW dari jabatan komisioner KPU Banggai. Tapi berdasarkan putusan pengadilan, tuduhan bahwa Supriyadi melakukan dugaan pelanggaran kode etik, tidak terbukti. “Malah pengadilan memutuskan bebas kepada Supriyadi. Itu artinya tuduhannya abscuur libel alias kabur,” kata Aswan.
Soal itu disanggah Alwin. “Tidak begitu kronologisnya,” jawab dia. Pemberhentian salah satu mantan komisioner KPU Banggai tidak berhubungan langsung dengan vonis bebas pengadilan. Karena Panwaslih tidak berwewennag sampai ke sana. Yang bersangkutan diberhentikan atas aduan ke dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP). “Dan semua ada disalinan putusan DKPP,” jelas Alwin. (yan)

 

About uman