Home » Berita Utama » NasDem Merasa Dananya Dihambat
NasDem Merasa Dananya Dihambat
Zulharbi Amatahir

NasDem Merasa Dananya Dihambat

LUWUK— Partai NasDem Kabupaten Banggai merasa dianaktirikan Pemda Banggai. Pasalnya, dana pembinaan partai politik (parpol) tahun anggaran 2017 sebesar Rp89 juta belum dicairkan.
“Ada kecendrungan Pemda menghambat dana pembinaan parpol kami,” kata Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Zulharbi Amatahir kepada Luwuk Post, Senin (10/7).
Zulharbi menjelaskan, pihaknya sudah memasukan permohonan dana pembinaan partai itu sejak tanggal 27 Januari 2017. Namun sampai saat ini tidak mendapatkan kejelasan bagaimana nasib bantuan parpol yang menjadi hak setiap partai politik. Anehnya sambung Zulharbi, partai lain seperti PDIP telah keluar dananya hanya dengan waktu yang relatif singkat.
“Beragam alasan, mulai dari tercecer berkas kami sampai pada alasan bupati sibuk dengan berbagai macam agenda, sehingga berkas kami tidak kunjung diproses,” kata Zulharbi.
Padahal, kata dia, dana yang diminta itu adalah hak partai politik, yang semuanya telah diatur oleh regulasi. Kalau memang sambung Zulharbi, bupati tidak siap menjadi pelayan publik, silahkan mundur saja. Sebab pemimpin itu harus lebih bijak jangan membawa-bawa persoalan dendam politik.
“Saya sempat ketemu dengan pak Herwin sekaligus meminta kejelasan terkait disposisi berkas kami. Alasannya berkas yang ada masih cukup banyak bertumpuk. Tapi apakah alasan itu cukup rasional dengan proses kilat pencairan dana parpol yang lain selain kami. Saat ini telah memasuki bulan Juli. Sungguh luar biasa panjangnya mengurus dana parpol,” keluh Zulharbi. Atas kondisi ini lanjut Zulharbi, NasDem menganggap pemerintah daerah terindikasi menghalang-halangi pencairan dana parpol NasDem.
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banggai, Alfian Djibran yang dikonfirmasi memberi jaminan bahwa semua dana pembinaan partai akan dicairkan. “Pasti dana itu akan cair,” kata Alfian. Sebenarnya sambung dia, segala sesuatu yang bertalian dengan proses administrasi di Kesbanpol telah selesai, tinggal menunggu administrasi keuangan, persetujuan untuk pencairan. “Saya jamin tetap akan cair dana pembinaan parpolnya,” ucap Alfian. (yan)

About uman