Home » Berita Utama » Bali Nilai Kades Uso tak Mampu Kelola APBDesa
Bali Nilai Kades Uso tak Mampu Kelola APBDesa
Bali Mang

Bali Nilai Kades Uso tak Mampu Kelola APBDesa

LUWUK—Kepala Desa (Kades) Uso Kecamatan Batui, Suraid Salim dinilai tidak mampu mengelola APBDesa sebesar Rp2,4 miliar. Kades ‘terlama’ ini diminta belajar pada desa lainnya, yang lebih kreatif mengelola pendapatan desanya. Penilaian ini disampaikan Ketua Ketua DPRD Banggai, Samsulbahri Mang saat berdiskusi dengan sejumlah anggota dewan, di ruang Komisi 2 DPRD Banggai, Senin (10/7).
Menurut Samsulbahri Mang, mestinya Kades Uso tidak mencantumkan salah satu tuntutan terkait pembangunan rumah layak huni pada perusahaan migas. Pasalnya, itu menjadi domain pemerintahan desa. “Harusnya Suraid malu membawa persoalan rumah layak huni. Itu kan tanggung jawabnya sebagai Kades,” kata Bali Mang.
Seharusnya, Suraid bisa mencontoh pada desa lain. Meskipun APBDesa tidak sebesar Uso, namun mampu membangun rumah layak huni. Salah satunya desa Lobu Kecamatan Lobu.
Ketua DPD Partai Golkar Banggai ini juga menilai keberadaan kendaraan operasional desa Uso, belum pantas.
Sebab masih ada kebutuhan desa lainnya yang menjadi prioritas. “Kendaraan operasional itu tidak perlu. Jangan heran jika ada masyarakatnya yang jual bayi,” ucap Bali Mang.
Tidak kreatifnya Kades Uso memanfaatkan APBDesa yang terbesar itu juga mendapat sorotan dari anggota Komisi 1 DPRD Banggai, Bachtiar Pasman. “Jangan sampai seperti tikus mati di lumbung padi,” ujarnya. (yan)

About uman