Home » Politik » 2018, Kompetisi Pileg sudah Kental
2018, Kompetisi Pileg sudah Kental
Syafruddin Husain

2018, Kompetisi Pileg sudah Kental

LUWUK— Pemilu legislatif (Pileg) telah terjadwalkan pada bulan April 2019 mendatang. Meski begitu, kompetisi para calon legislatif (caleg) sudah terlihat kental mulai tahun 2018.
Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai, Syafruddin Husain Senin (10/7) kemarin mengatakan, kompetisi pileg bakal kompetitif. Ada sejumlah parameter sehingga anggota Komisi 2 DPRD Banggai ini memprediksi seperti itu. Dipastikan, DPRD Banggai tidak akan ketambahan kursi, mengingat jumlah penduduk di Kabupaten Banggai tidak melebihi 400 ribu jiwa. Akan tetapi kuantitas daerah pemilihan (dapil) akan bertambah, sekalipun KPU Banggai belum berani memprediksi ke arah itu. “Bisa pecah enam dapil Kabupaten Banggai pada pileg 2019,” kata politisi yang akrab disapa Haji Udin ini.
Kenaikan tunjangan dan gaji para aleg yang tahun ini diterapkan, menyusul terbitnya PP nomor 18 tahun 2017 juga menjadi indikator lain, sehingga gawean pileg semakin ramai. “Saya yakin semua parpol peserta pileg akan mengisi full daftar calegnya. Tidak seperti dulu, dimana ada parpol tidak memiliki semua caleg di dapil,” kata Haji Udin.
Ketatnya pertarungan pileg 2019, lanjut dia, sudah akan terlihat tahun depan. “Lihat saja 2018 sudah ramai pemberitaan politik di media masa. Jadi para wartawan tidak lagi kesulitan mencari berita, khususnya desk politik,” tutur aleg dua periode ini. (yan)

About uman