Home » Berita Utama » Dibanding Uso, Lobu Lebih Kreatif
Dibanding Uso, Lobu Lebih Kreatif
Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Irwanto Kulap saat memberikan penjelasan pada RDP antara PT. DSLNG dan warga Uso di kantor DPRD Banggai, Kamis (6/7).

Dibanding Uso, Lobu Lebih Kreatif

LUWUK—Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Irwanto Kulap menilai, desa Lobu Kecamatan Lobu, lebih kreatif dibanding desa Uso Kecamatan Batui.
Politisi Partai Golkar ini lantas membandingkan kedua desa itu.
Desa Lobu kata Irwanto, hanya memiliki APBDesa sebesar Rp1,2 miliar. Meski begitu, desa tersebut mampu membangun sebanyak 50 unit rumah layak huni bagi warganya. Berbeda dengan desa Uso yang memiliki APBDesa sebesar Rp2,4 miliar, tapi tidak membangun rumah layak huni. Ironisnya lagi, desa yang dikepalai Suraid Salim itu berharap adanya corporate social responsibility (CSR) dari PT. DSLNG. Padahal itu bukan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. “Ini saya tegaskan pada rapat dengar pendapat (RDP) Kamis (5/7),” ucap Irwanto, Jumat (7/7).
Irwanto membenarkan apa yang dikomentari Pemda Banggai yang diwakili Asisten I Setda Banggai Ramlin Hanis pada RDP yang dipimpin Ketua Komisi 1 Naim Saleh bahwa warga Uso harus bersyukur dengan hadirnya PT. DSLNG. “Saya sepakat dengan pendapat Asisten I itu,” ucapnya.
Tidak bisa ditampik tegas dia lagi, APBDesa Uso lebih besar lantaran dampak positif kehadiran perusahaan migas itu. “Dari 291 desa di Kabupaten Banggai, desa Uso paling besar APBDesa. Itu karena dampak dari investasi,” kata Irwanto. Olehnya sambung dia, pantas jika lahir asumsi bahwa desa Lobu lebih kreatif dibanding Uso, yang mampu mengelola APBDesa untuk kepentingan warganya.
Menindak lanjuti hasil RDP, DPRD Banggai akan berkunjung ke DSLNG. “Pasca reses kami akan meninjau perusahaan,” kata dia. Dan pihak perusahaan pun menyerahkan persoalan ini untuk dimediasi dewan. “Kami belum mengeluarkan rekomendasi. Karena kami masih akan berkunjung ke perusahaan. Dan pihak DSLNG meminta dewan untuk memfasilitasi persoalan ini,” kata aleg dua peridoe asal dapil III ini. (yan)

About uman