Home » 2017 » July

Monthly Archives: July 2017

SMP I Pagimana Gelar Perjusami

PAGIMANA-Puluhan siswa SMP Negeri 1 Pagimana mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) 28 hingga 30 Juli 2017. Kegiatan yang dibuka langsung Kepala (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Pagimana Djar’an Moha turut dihadir jajaran pengurus Kwarcab Kabupaten Banggai. Kepala SMP 1 Pagimana, Norma Yasin menyampaikan, Gerakan Pramuka merupakan sebuah wadah yang melaksanakan pendidikan bersifat formal menyelenggarakan pendidikan kepatuhan di Indonesia. Gerakan ... Read More »

Deker Tersumbat, Puluhan Hektar Sawah Terendam

LUWUK TIMUR-Platdueker yang terletak di ujung permukiman warga Desa Pohi membuat puluhan hektar sawah di Desa Hundohon, Kecamatan Luwuk Timur tergenang air yang berasal dari anak sungai Desa Pohi, Sabtu pekan lalu. Sampah kiriman dari anak sungai itu menjadi penyebab tersumbatnya platdueker tersebut. “Kurang lebih ada 4 hektar sawah kami yang terendam air. Sehingga benih padi yang sudah kami tanam ... Read More »

DPMPD Gelar Bintek Peningkatan Kapasitas Desa

BUNTA-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPD) Kabupaten Banggai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi aparatur desa BPD serta anggota TPK, bertempat kantor Desa Koninis, Kecamatan Simpang Raya, Minggu (30/07). Kabid Pemdes Andi Nur Syamsi menyatakan, regulasi pengolahan keuangan desa merujuk pada peraturan pemerintah gaji perangkat desa yang bersumber dari ADD. “Sesuai peraturan menteri keuangan untuk dana desa(DD) diprioritaskan peningkatan pembangunan desa berdasarkan ... Read More »

Petani Moilong Masih Kesulitan Pupuk

MOILONG– Di tengah masalah kelangkaan pupuk yang tidak kunjung selesai, petani tetap berjuang untuk bisa memeroleh hasil yang memuaskan. Meski sampai saat ini keluhan mereka terhadap kesulitan mendapatkan pupuk subsidi belum ada solusi. Hal itu di rasakan Imam Tarmudi, petani asal desa Minakarya kecamatan Moilong. Ia menuturkan dirinya masih kesulitan untuk mendapatkan pupuk. “Sering tidak kebagian pupuk, saya harus mencari ... Read More »

Tidak Pandang Bulu

Penegak hukum harus berani dalam bertindak dalam menegakkan aturan. Iptu Akhawan, meski baru beberapa bulan bertugas sebagai Kapolsek Toili, namun giat membasmi penyakit lama daerah lumbung padi ini. Yaitu pabrik miras, tambang emas ilegal serta lembaga Unswissindo yang dianggap membodohi warga setempat dengan janji-janji palsu. “Namanya berlawanan dengan hukum ya harus ditindaki, apalagi kalau merugikan masyarakat umum,”imbuhnya. Untuk bertindak tegas ... Read More »

Sukses Penyelenggaraan dan Sukses Prestasi

LUWUK— Dua konsep diusung panitia pelaksana pekan olahraga kabupaten (Porkab) II Banggai 9-15 September mendatang. Kedua konsep itu, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Komitmen itu disampaikan Ketua panitia pelaksana Porkab II Banggai, Alfian Djibran kepada Luwuk Post, Minggu (30/7). Alfian menjelaskan, panitia sepakat Porkab tahun ini benar-benar berkualitas dalam hal penyelegaraan. Artinya, panitia teknis pada semua cabang olahraga yang dipertandingkan ... Read More »

Lahan Kantor Desa Awu Digugat

LUWUK— Ahli waris almarhum Ali Mokoagow menggugat lahan kantor desa Awu Kecamatan Luwuk Utara. Selain pemerintah desa, gugatan juga diarahkan pada warga yang mengklaim lahan seluas 18 x 12 meter itu miliknya. Bahkan sengketa lahan tersebut telah berada di meja penyidik Polres Banggai. Ahli waris almarhum Ali Mokoagow, Arvan Mokoagow Sabtu (29/7) menjelaskan, pihaknya mengantongi sejumlah bukti kepemilikan tanah. Mulai ... Read More »

LT-III Digelar 13-19 Agustus

LUWUK— Lomba tingkat regu pramuka penggalang tiga (LT-III) yang dirangkaikan dengan apel besar HUT Gerakan Pramuka ke 56, akan digelar 13-19 Agustus mendatang. Kegiatan itu direncanakan dipusatkan di Bumi Perkemahan Maleo desa Koyoan Kecamatan Nambo. Sekretaris Panitia Wawan A. Nasir, Minggu (30/7) mengatakan, sesuai dengan program kerja kwartir cabang (kwarcab) Banggai, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan peserta didik, sehingga salah ... Read More »

Calon Panwaslu Minus Satu Peserta

LUWUK— Tes wawancara calon Panwaslu Kabupaten Banggai di Hotel Renhil Luwuk berjalan lancar, Sabtu (29/7). Hanya saja, dari 18 peserta yang sebelumnya dinyatakan lulus tes tertulis itu, satu diantaranya absen. Dia adalah Rahmat Palopa. Sebelumnya, Dekan Fisip Untika Luwuk ini sudah menyatakan mundur sebagai calon Panwaslu, dengan alasan akan lebih kosentrasi pada tugas-tugas kampus. Tes wawancara oleh tim seleksi (timsel) ... Read More »

Digugurkan Timsel, Roten Beri Jempol

LUWUK— Peluang Roten Marontoh masuk 6 besar calon Panwaslu Kabupaten Banggai yang selanjutnya mengikuti fit and proper tes (FPT) oleh Bawaslu Sulteng sangat kecil. Tim seleksi (timsel) Panwaslu zona II yang diketuai Aminuddin Kasim mensinyalir Roten adalah pengurus partai politik. Bahkan menjadi tim sukses salah satu pasangan calon pada pilkada Banggai 2015. Hal ini dibenarkan Roten. Kepada Luwuk Post, Minggu ... Read More »