Home » Metro Luwuk » Menangkan Perkara Lawan Pemda Toli-toli
Menangkan Perkara Lawan Pemda Toli-toli
Erik Ronaldo Alimun

Menangkan Perkara Lawan Pemda Toli-toli

KETUA DPC Kongres Advokat Indonesia Luwuk Banggai Erik Ronaldo Alimun SH, sukses dalam menangani perkara Perdata nomor 16/Pdt.G/2016/PN-Tli, dalam gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) di Pengadilan Toli-toli, Rabu (14/6) lalu.
Dalam putusannya, tiga Majelis Hakim masing-masing, Djoko Dwiatmoko SH, MH, Maryam Broo SH, MH, dan Fita Deliyana SH, mengabulkan sebagian apa yang menjadi tuntutan dalam gugatan penggugat melalui kuasa hukumnya.
Djoko Dwiatmoko SH, MH, yang juga merupakan Ketua Pengadilan Negeri Toli-toli itu, menyatakan, bidang tanah  SHM No. 14 atas nama Muhamad Saing Abdul Gani dengan luas 19.698 M2, dan SHM No. 15 atas nama Masmudin Djamalu dengan luas 16.054 atau 35.752 M2 atau kurang lebih 3,6 hektar adalah merupakan milik penggugat, dan memerintahkan kepada pihak-pihak tergugat agar segera mengosongkan tanah tersebut.
Advokat muda Kabupaten Banggai ini menunjukan kemampuan yang dimilikinya. Di samping jarak yang terbilang jauh, kultur daerah pun menjadi pembeda.
“Saya menangani kasus ini hanya seorang diri dengan menghadapi empat kuasa hukum perwakilan Pemda Toli-toli,” ungkap Erik sapaan akrabnya saat berbincang-bincang dengan Luwuk Post, Minggu (18/6).
Dikatakan, pihak tergugat dalam kasus ini adalah Kepsek SMPN Dampal Utara (tergugat  VIII), Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Toli-toli (tergugat IX), dan Pemda yang mewakili oleh Bupati Toli-toli (tergugat X).
“Ini pertarungan yang melelahkan tetapi asyik, dan sangat memotivasi saya,” ujarnya.
“Alhamdulillah, semua napaktilas panjang perjalanan sidang dan argumentasi hukumnya termanifestasikan dengan baik dan sukses,” kata mantan aktivis HMI dan juga orator dalam gerakan ekstra parlemen tersebut.
Ditanya soal apa agenda selanjutnya, Erik menuturkan, Ia masih menunggu informsi, apakah pihak tergugat ingin banding atau tidak. Kalaupun ada, Erik sudah menyiapkan amunisi sejak dini. Selain itu, Erik juga masih fokus pada perkara-perkara pidana  di Polres Banggai, Polsek Bunta, dan di Banggai Kepulauan. “Kalau tidak ada halangan, memungkinkan saya bersama-sama dengan tim akan beracara di Kabupaten Maros,” beber advokat berrambut gondrong itu dengan penuh optimisme .(awi)

About uman