Home » Berita Utama » Wenny Lantik 82 Pejabat
Wenny Lantik 82 Pejabat
Bupati Wenny Bukamo saat melantik pejabat Eselon II dan III lingkungan pemerintahan Kabupaten Banggai Laut, Senin (12/6). Sejumlah pejabat daerah bertukar posisi dan beberapa nama besar pada OPD strategis terganti.

Wenny Lantik 82 Pejabat

BANGGAI – Pelantikan pejabat eselon II di lingkungan pemerintah Kabupaten Banggai Laut akhirnya dilaksanakan, Senin (12/6). Hampir 90 persen pimpinan organisasi pemerintah daerah berubah.
Sederet birokrat beken yang selama ini beredar di poros-poros kebijakan terganti. Kondisi ini dinilai penuh risiko.  Meski begitu, sejumlah kalangan menilai penyegaran tersebut memang sudah semestinya dilakukan demi mewujudkan program kerja pemerintah daerah.
Bupati Wenny Bukamo sepertinya juga menyadari kondisi itu. Dalam sambutannya kemarin, dia mengakui, keputusannya tidak mungkin mampu memuaskan semua pihak. “Ini (pelantikan, Red) bukan hal yang sempurna. Setiap promosi dan rotasi jabatan pasti akan ada pihak yang merasa tidak puas. Tapi inilah yang harus kita lakukan. Sebab, saya berharap dengan komposisi seperti ini kinerja SKPD makin meningkat dan terukur sehingga target yang diberikan bisa dicapai,” ujar dia.
Bupati juga menandaskan bahwa penempatan pejabat telah melalui mekanisme yang panjang dan memertimbangkan berbagai aspek. “Kita sudah lalui proses seleksi dan assessment jabatan. Kami juga memerhatikan usul dan saran Baperjakat. Sehingganya selaku Bupati saya mengamanatkan agar semua jajaran bekerja profesional mengemban tugas dan kepercayaan yang diberikan,” pungkasnya.
Sementara itu, mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Banggai Laut, Ruslan Tolani akhirnya bisa menarik napas lega.  Pasalnya, beban berat yang diembannya terkait prosesi pelantikan dan penempatan Jabatan Pratama Tinggi (JPT) berhasil terlaksana dengan sukses kemarin.
Dihubungi per telepon, pejabat yang bakal menempati pos barunya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini menegaskan, proses pelantikan tersebut telah melalui mekanisme yang cukup panjang serta seirama dengan pertimbangan Baperjakat. “Alhamdulillah, rekomendasi assessment dan pertimbangan Baperjakat sangat jelas tercermin pada pelantikan tadi,” ungkapnya.
Ruslan menjelaskan, dengan prosesi yang diselenggarakan tersebut, praktis semua jabatan eselon II dan III di Kabupaten Banggai Laut telah terisi. “Jumlah yang dilantik saat ini totalnya mencapai 82 kotak jabatan. Itu terdiri dari jabatan eselon IIb ada 22 orang. Kemudian eselon IIIa,  untuk Camat 4 orang dan di jajaran Sekdis, kepala bagian dan kepala kantor semua ada 18 orang serta pejabat Eselon IIIb ada 38 orang,” terangnya.
Terkait kekhawatiran atas adanya ketidakpuasan beberapa pejabat yang hijrah ke lain posisi, Ruslan menandaskan, rotasi dan mutasi adalah hal yang biasa untuk proses pembinaan pegawai. “Ah, tidak ada itu. Para pejabat kita sudah sangat paham dan punya kedewasaan. Saya kira pak Bupati juga sudah menyesuaikan rambu-rambu yang ada termasuk beberapa pertimbangan teknis yang kami berikan,” tepisnya.
Mengutip sambutan Bupati Wenny Bukamo, Ruslan menyatakan, Surat Keputusan Bupati Nomor 821.2.24/070/BKPSDM/2017 tentang Formasi Pejabat Eselon IIb Kabupaten Banggai Laut, sudah melewati proses perencanaan yang cukup, melalui pertimbangan Baperjakat serta rekomendasi panitia seleksi assesment. “Jadi bukan beliau yang asal susun sendiri. Di sini saya juga perlu tambahkan bahwa rujukan utamanya adalah hasil assessment serta melihat rekam jejak pejabat,” tegasnya.
Terkait posisi barunya sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dia mengaku mendapat amanah yang tak kalah besar dari posisi awalnya di BKPSDM.  “Dinas Pariwisata sebagai dinas yang menjadi salah satu tolok ukur visi dan misi Bupati. Nanti kalau saya sudah mulai masuk kantor baru kita lihat apa semua yang akan dibenahi atau dilanjutkan. Saya minta kawan-kawan pers bisa membantu,” katanya.
Pelantikan pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaiten Banggai Laut memang cenderung lambat. Kondisi ini mebuat para birokrat gundah. Menanggapi hal itu, pengamat pemerintahan dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk Kisman Karinda menilai, langkah Bupati Wenny Bukamo untuk tidak buru-buru melantik pejabat mesti diapresiasi. “Ini merupakan panglima di masing-masing bidang. Kinerja dinas akan berdampak ke citra pemerintahan. Jadi, memang tidak harus buru-buru,” terang Kisman.
Dekan Fisip ini mengakui pemerintahan Kabupaten Banggai Laut di bawah Wenny Bukamo secara bertahap terlihat perbaikan-perbaikan di sejumlah sektor. Daerah maritim itu menunjukan percepatan jika dibandingkan dengan wilayah lain yang juga berstatus DOB. “Daerah baru tapi sudah menunjukan progress,” jelasnya. (sbt/ali)

About uman