Home » Politik » F-Gerindra Mestinya Lebih Kritis
F-Gerindra Mestinya Lebih Kritis
Suhartono Sahido

F-Gerindra Mestinya Lebih Kritis

LUWUK— Sikap menolak hak angket oleh Fraksi Partai Gerindra DPRD Banggai, dinilai kontroversi dengan fraim perjuangan partai berlambang kepala burung garuda itu. Mestinya para legislator di parlemen lalong lebih bersikap kritis, sebagaimana dipertontonkan Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subiyanto.
Menurut pemerhati pemerintahan, Suhartono Sahido, jawaban Ketua Fraksi Partai Gerindra Winancy Ndobe atas usulan hak angket Ketua Fraksi PAN/PKB Oskar Paudi, mencerminkan ketidak mampuan dalam mengidentifikasi dan mengurai masalah lebih rasional, sehingga diterima secara politis.
“Harusnya ibu Nancy mampu memainkan peran yang lebih argumentatif dan membawa polemik angket DPRD Banggai keluar dari kebuntuan, pasca terbelahnya sikap antar fraksi di DPRD,” ujar Suhartono.
Terlebih lagi dengan Partai Gerindra, dituntut mampu memainkan peran-peran eksternal, sehingga publik melihat dan memahaminya sebagai sebuah gebrakan politik yang luar biasa. Tidak bisa dipungkiri lanjut mantan Ketua Panwas Kabupaten Banggai, rating Partai Gerindra secara nasional merangkak naik. Itu tidak terlepas dari sosok Prabowo. Harusnya elektabilitas itu terjadi juga di daerah, termasuk di Kabupaten Banggai.
Kesetaraan lembaga antara legislatif dan eksekutif sejatinya mampu dipertontonkan sebagai sebuah adegan politik yang berdinamika. Dan harapan Suhartono, semua politisi di teluk lalong lebih progresif dalam melihat perkembangan situasi daerah saat ini. Sebab publik masih menunggu pergerakan politik yang dinamis dan alot terkait drama angket di DPRD. (yan)

About uman