Home » Politik » Gerindra dan PDIP Tolak Hak Angket
Gerindra dan PDIP Tolak Hak Angket
Winancy Ndobe

Gerindra dan PDIP Tolak Hak Angket

LUWUK— Ruang hak angket yang diusulkan Ketua Fraksi PAN/PKB DPRD Banggai, Oskar Paudi makin sempit. Kini dua fraksi di parlemen lalong menyatakan sikap tak memberi dukungan. Kedua fraksi itu adalah Gerindra dan Fraksi PDIP.
Ketua Fraksi Partai Gerindra, Winancy Ndobe Kamis (8/6) mengatakan, sangat berlebihan ketika dugaan percobaan penyuapan sebesar Rp30 juta harus digiring ke hak angket. “Bagi kami itu sangat dibesar-besarkan,” kata anggota Komisi 1 DPRD Banggai ini.
Sedikitnya ada dua alasan fraksi berpersonilkan empat legislator ini tak merespons hak angket. Pertama kata Winancy, informasi yang dipublis melalui media sosial (medsos) kebenarannya masih patut dipertanyakan. “Bisa saja itu fitnah,” ucapnya.
Faktor kedua, apabila dugaan itu benar bahwa Herwin Yatim telah melakukan upaya penyuapan terhadap Kombes HK, maka itu bersifat person. “Harus bisa dibedakan, mana person dan mana berkapasitas bupati. Sehingga sangat subyektif ketika hak angket menjadi alternatifnya,” tuturnya.
Wakil Ketua Fraksi PDIP, Zaenuri berpendapat, sebagai aleg perlu menjaga kredibilitas lembaga. Artinya, tidak semua persoalan dianggap ideal dibawah pada hak angket. “Kita harus melihat dulu porsi persoalan. Jangan sedikit-sedikit menggiring ke lembaga lewat hak angket,” kata Zaenuri.
Logika politiknya sambung aleg dapil II ini, fraksi lain saja menolak, apalagi Fraksi PDIP, yang notabene Herwin adalah Ketua DPC PDIP Kabupaten Banggai. “Yang jelas Fraksi PDIP menolak hak angket,” tandas dia. (yan)

About uman