Home » Banggai Laut » Longsor Bonebaru Timbun Badan Jalan
Longsor Bonebaru  Timbun Badan Jalan
Satu unit angkutan desa saat melewati lokasi longsor di Desa Bonebaru, Kecamatan Banggai Utara, Selasa (6/6) pagi. Longsor tersebut tak menimbulkan korban jiwa.

Longsor Bonebaru Timbun Badan Jalan

BANGGAI – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Banggai Laut beberapa belakangan ini, menyebabkan ruas jalan yang menghubungkan Desa Bonebaru dan empat desa lain di Kecamatan Banggai Utara, nyaris lumpuh. Untung saja, kejadian tersebut tak memakan korban jiwa.
Itu disebabkan tebing di sisi kanan ruas jalan tersebut longsor dan meninggalkan gundukan material tanah dan batu sepanjang 11 meter. Berdasar laporan Camat Banggai Utara, Syarif Pataboga ke Bupati Wenny Bukamo melalui Dinas PUPR, longsor yang terjadi Senin (5/6) sekitar pukul 16.00 Wita itu, menutup badan jalan selebar empat meter dengan tinggi gundukan sekitar dua meter.
Sore itu juga, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten, Arsid Hamidi bersama puluhan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung bergerak ke lokasi. “Giat membuka akses jalan kami laksanakan dua jam penuh, dari pukul 19.00 Wita 21.00 Wita,” tutur Arsid.
Saat wartawan koran ini  melewati ruas jalan tersebut pada Selasa (7/6) sekitar pukul 01.30 Wita dinihari, sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat meski separo badan jalan masih tertutup material longsor.
Pagi harinya, Bupati Wenny Bukamo turun langsung ke lokasi longsor. Dia menyatakan, upaya pembersihan sementara terlebih dahulu dilakukan agar arus lalu lintas tak lagi tersendat. “Sekarang kendaraan sudah bisa lewat,” kata Bupati Wenny seusai meninjau lokasi longsor.
Sementara itu, kepada Luwuk Post, Arsid mengatakan,  Dinas PUPR akan menurunkan alat berat pada Rabu (7/6), untuk membersihkan ruas jalan tersebut dari  sisa material longsor. (sbt)

About uman