Home » Politik » Sofhian Disebut Nyalon DPD RI
Sofhian Disebut Nyalon DPD RI
Agenda buka puasa bersama di kediaman Sofhian Mile di jalan Pelita Kelurahan Baru, beberapa waktu lalu.

Sofhian Disebut Nyalon DPD RI

LUWUK— Pada pileg 2019 mendatang, Sofhian Mile diinginkan kembali berkompetisi. Bukan meramaikan bursa calon DPR RI, melainkan maju sebagai kandidat calon DPD RI. Ada sejumlah alasan sehingga mantan Bupati Banggai periode 2011-2015 ini lebih pas maju sebagai calon DPD RI.
Sumber kepada Luwuk Post, kemarin berpendapat, peluang Sofhian Mile untuk kembali duduk sebagai legislator pusat terbuka lebar, ketika politikus senior itu memilih calon DPD RI. Pertama, Sofhian tak lagi ‘berjuang’ merebut parpol sebagai kendaraan politiknya. Dia cukup membangun konsolidasi dan pencitraan, apalagi simpatisannya masih cukup mengakar tak hanya di Kabupaten Banggai, Bangkep dan Balut, melainkan nama Sofhian cukup akrab di telinga rakyat Sulteng.
Kedua, para konstituen khususnya di wilayah timur Sulteng, nyaris tidak punya pilihan terhadap calon anggota DPD RI, pasca almarhum Sudarto dan Ma’mun Amir. Dengan masuknya Sofhian, maka menjadi alternatif pilihan rakyat.
Bagaimana dengan progress Sofhian mencalonkan sebagai anggota DPR RI? Sumber juga memberi argumen. Meskipun Sofhian senior di Partai Golkar, namun ruang geraknya tidak seleluasa dulu. Kader beringin di Sulteng akan mendominasinya. Selain ada nama Muhidin Said yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI juga ada Arus Abdul Karim Ketua DPD Partai Golkar Sulteng. Belum lagi kader beringin Sulteng lainnya, yang tentu saja punya ambisi yang tidak kecil.
Prediksi mantan Sekretaris DPD Partai Golkar Bangkep Harsono Moidady bahwa Sofhian akan bertarung di DPR RI, sepertinya termentahkan. Pasalnya, cukup kencang wacana dari kalangan orang dekatnya yang menyebut Sofhian akan maju di DPD RI. “Iya, kemungkinan besar pak Sofhian maju di DPD RI. Dan dorongan itu lahir dari orang dekat pak Sofhian,” ucap aktivis perempuan Linca Sarlin Suma, kemarin. (yan)

About uman