Home » Berita Utama » Pembenahan Aset Jadi Prioritas
Pembenahan Aset Jadi Prioritas
Wenny Bukamo

Pembenahan Aset Jadi Prioritas

BANGGAI – Sebagai daerah otonomi baru (DOB),  Kabupaten Banggai Laut mesti mengejar ketertinggalan dengan daerah-daerah lain. Termasuk mengenai laporan keuangan pemerintah daerah yang setiap tahunnya diaudit BPK RI Perwakilan Sulteng.
Salah satu yang menjadi perhatian Bupati Wenny Bukamo yakni, pendataan aset yang diserahkan pemerintah Kabupaten Bangkep setelah pemekaran Kabupaten Banggai Laut. “Kami terus benahi ini,” ucap Bupati Wenny, Selasa (6/6).
Pendataan aset tersebut memang perlu dilakukan.  Sebab,  terdapat sejumlah persil tanah yang merupakan milik pemerintah Kabupaten Banggai Laut, tetapi tak disertai dengan dokumen. “Contohnya di kantor DPRD lama,” katanya.
Soal opini wajar dengan pengecualian (WDP), menurut Bupati Wenny,  BPK melihat pemerintah Kabupaten Banggai Laut memiliki niat untuk membenahi LKPD.  Karena itu, WDP diberikan lembaga auditor tersebut.”Bukan hanya kelengkapannya administrasinya yang dinilai,  tapi keseriusan membenahi juga dilihat,” tuturnya.
Tiga tahun berturut-turut menjadi disclaimer menjadi pengalaman yang baik untuk membenahi LKPD.  Karena itu,  dengan diraihnya WDP tahun ini,  jadi pelecut untuk mendapatkan WTP tahun 2018. “Pesaing ketat kita Morowali Utara,” tuturnya.
Bupati Wenny sengaja memerbaiki tata kelola pemerintahan di masa menjabatnya.  Itu dilakukan agar penerusnya tidak lagi berkutat pada penyelesaian administrasi. “Tetapi sudah bisa berinovasi dalam membangun daerah ini,” terangnya. (ali)

About uman