Home » Berita Utama » Ada Aleg tak Mau Susah
Ada Aleg tak Mau Susah
Oskar Paudi

Ada Aleg tak Mau Susah

LUWUK— Pernyataan Oskar Paudi menggelitik. Ketua DPW PAN Sulteng ini mengaku di DPRD Banggai ada aleg yang tidak mau susah. “Ada aleg di sini yang tidak mau susah,” ucap Oskar yang ditemui di ruang Komisi 2 DPRD Banggai, belum lama.
Statemen Oskar yang cukup mengejutkan itu terkait dengan sikap dingin para legislator terhadap sejumlah persoalan yang mencuat. Diantaranya, kisah mobil prado yang masih misterius, dugaan percobaan penyuapan sebesar Rp 30 juta serta nonjob sejumlah pejabat di lingkup Pemda Banggai.
Ciutan Oskar ini setidaknya memberi gambaran, ketika ada aleg yang gencar mengkritisi bupati, maka berkonsekwensi pada pundi-pundi ekonomi. Makanya dia menyebut ada aleg yang tidak mau susah.
Ada benarnya analisa legislator ‘senior’ di parlemen lalong ini. Pasca desakan Oskar agar dewan menggunakan hak angket terkait kasus Rp 30 juta, dominan para anggota dewan bersikap dingin.
Bahkan ada diantaranya secara tegas menolak hak angket. Sebaliknya kalangan luar parlemen yang justru memberi dukungan agar dewan menggunakan hak angket. Lantas dimana peran wakil rakyat kita dalam melakukan fungsi pengawasan, ketika mereka yang digaji lewat uang rakyat takut “susah” akibat resiko melaksanakan tupoksi. (yan)

About uman