Home » Politik » Jangan Lemahkan Kredibilitas Bawaslu
Jangan Lemahkan Kredibilitas Bawaslu
Suhartono Sahido

Jangan Lemahkan Kredibilitas Bawaslu

LUWUK— Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) adalah lembaga terhormat yang diberi kewenangan oleh negara sebagai alat mengontrol, mencegah dan menindak lanjuti pelanggaran pemilu.
Mendasari tupoksinya itu, marwah lembaga tersebut harus tetap terjaga. Komitmen itu tentu saja dimulai dari internal. “Bagaimana lembaga itu bisa survive di gawean pemilu serentak pertama, ketika tidak diperkuat mulai dari proses rekruitmen,” kata mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Banggai, Suhartono Sahido, kemarin.
Ono begitu dia akrab disapa khawatir, Panwaslu yang nantinya dibentuk komisioner Bawaslu tidak mendapat pengakuan hanya karena salah menafsirkan undang-undang pemilu.
Andaikan komisioner Bawaslu provinsi yang akan datang mempersoalkan pemberlakuan uu itu atas dasar aduan masyarakat keberatan dengan rujukan regulasi lama, maka kata Suhartono, bisa saja publik berpendapat akan melemahkan kredibilitas lembaga pengawas pemilu itu.
Memang lanjut dia, komisioner Bawaslu provinsi yang sekarang, disatu sisi menjadi tanggung jawab membentuk sebelum kekosongan anggota jajaran dibawahnya. Namun disisi lain jangan meninggalkan bom waktu. Apabila ini dipolemikkan tentang legal standingnya, maka berdampak pada kerugian uang negara dalam membiayai proses rekruitmen yang berulang kali dalam kurun waktu 5 tahun. (yan)

About uman