Home » Politik » 20 Mei, Komnas HAM Kunjungi Tanjung
20 Mei, Komnas HAM Kunjungi Tanjung
Aksi demo warga Tanjung di kantor DPRD Banggai disambut dua kader PKS, Nasir Himran dan Mursidin, Senin (15/5).

20 Mei, Komnas HAM Kunjungi Tanjung

LUWUK— Rencananya tanggal 20 Mei, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komna HAM) akan mengunjungi lahan eksekusi Tanjung Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk. Sementara itu, Kementrian Agraria dan Badan Pengawas Mahkamah Agung, menunggu aduan warga korban eksekusi.
“Komnas HAM akan datang untuk memberi perlindungan terhadap warga Tanjung yang menjadi korban eksekusi,” kata Sekretaris Komisi 1 DPRD Banggai, Mursidin saat menemui warga Tanjung di kantor DPRD Banggai, Senin (15/5).
Didampingi rekannya, Nasir Himran, Mursidin menjelaskan, DPRD peduli dengan persoalan yang sedang melilit warga Tanjung. Sikap itu tercermin dengan telah menemui Kementrian Agraria dan Badan Pengawas MA. “Kami tetap melakukan langkah advokasi buat warga Tanjung,” kata Mursidin.
Baik Kementrian Agraria maupun Badan Pengawas MA lanjut Mursidin kini menunggu aduan tertulis dari warga. “Agraria bertalian dengan legalitas sertifkat. Sedang Badan Pengawas MA menyangkut hasil eksekusi,” kata Mursidin.
Memang lanjut politisi PKS ini, tim DPRD Banggai yang diketuai Wakil Ketua DPRD Banggai, I Putu Gumi telah kembali dari Jakarta. Akan tetapi mereka masih singgah di Palu dalam rangka konsultasi pada Pengadilan Tinggi (PT) Palu. Agenda itu tak lain adalah upaya mengadvokasi masyarakat Tanjung. “Sebagai wakil rakyat, kami turut merasakan kepedihan warga Tanjung. Olehnya kami tetap berupaya memberi advokasi kepada warga,” kata aleg dapil II ini.
Disentil salah satu orator terkait janji Bupati Herwin Yatim bahwa yang punya sertifikat tidak digusur, Mursidin memberi jawaban singkat. “Kita tidak masuk dalam ranah itu. Tapi yang pasti DPRD terus melakukan pendampingan kepada warga korban eksekusi,” tuturnya. (yan)

About uman