Home » Kampus » Tingkatkan Penelitian Dosen
Tingkatkan Penelitian Dosen
Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Panduan Penelitian Edisi XI, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Rabu (10/5).

Tingkatkan Penelitian Dosen

LUWUK-Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, melaksanakan kegiatan sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Edisi XI tahun 2017, di ruang pasca sarjana Unismuh Luwuk, Rabu (10/5).
Sosialisasi dibuka oleh Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti dan dihadiri oleh puluhan dosen lingkup Unismuh Luwuk. Dalam sosialisasi tersebut, LP3M mendatangkan sejumlah narasumber yang ahli dibidangnya, diantaranya Prof. Nurhayati, Dr. Musdalifah, Dr. Abdul Kadir, dan instruktur, Arwansyah SP.,MP.
Dalam sambutanya, Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan LP3M sejak beberapa tahun terakhir, dengan mendatangkan narasumber dari berbagai macam universitas ternama di Indonesia, sebagai upaya untuk memotifasi dosen untuk merangcang dan membuat proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
“Perguruan tinggi tidak bisa kita maknai setengah setengah. Perguruan tinggi itu terintegrasi antara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang menjadi tugas dosen dalam satu perguruan tinggi. Berbicara aspek pendidikan, kita tidak terlalu persoalan. Hanya saja di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya.
Ia menyadari, Unismuh Luwuk dalam konteks penelitian dan pengabdian masyarakat masih sangat kurang. Namun demikian, lanjut Dia, bukan berarti Unismuh Luwuk tidak bisa berbuat. Terbukti, Unismuh Luwuk setiap tahunnya mampu meningkatkan jumlah perolehan proposal hibah penelitian Kemenristekdikti.
“Alhamdulillah, dari tahun ke tahun perolehan hibah proposal penelitian Kemenristekdikti terus meningkat. Dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini peningkatannya cukup baik,” katanya.
Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, Ia berharap para dosen dapat terpacu dan termotifasi dalam membuat proposal penelitian yang nantinya akan diusulkan ke Kemenristekdikti untuk mendapatkan hibah.
“Mari kita sama sama memotifasi diri. Mudah mudahan yang hadir di sini bisa mengirim proposal penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, untuk mendapatkan dana hibah,” harapnya.
Sebelumnya, Ketua LP3M Unismuh Luwuk, Sri Sukari Agustina, memaparkan, sosialisasi tersebut merupakan follow up sosialisasi yang dilakukan Dirjen Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti, akhir Maret 2017 lalu. Pada edisi XI ini, skema penelitiannya dibagi menjadi 4 bagian, yaitu penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian pengembangan kapasitas dan penelitian desentralisasi yang semuanya ada dalam 14 skema penelitian. Berbeda dengan panduan edisi X yang masih terdapat 17 skema.  Lebih lanjut, untuk skema pengabdian kepada masyarakat tidak ada perubahan dalam jumlah skema tetapi berubah nama. Sedangkan fokus penelitian tetap pada 10 fokus, mengacu pada RIRN.
Menurut Dia, untuk penelitian desentralisasi, proposal penelitian yang diajukan harus mengacu pada Renstra Penelitian tiap-tiap perguruan tinggi. Perubahan mendasar pada Edisi XI tahun 2017 ini lebih menekankan pada luaran penelitian dan pengabdian, baik iuaran wajib maupun luaran tambahan.
Sementara itu, Ketua Panitia Sosialisasi, Wahyudin Rahman, mengatakan, kegiatan sosialisasi akan berlangsung selama dua hari, sampai dengan Kamis (11/5). “Setelah ini kita lanjut di kegiatan klinik proposal. Nanti proposal yang diajukan dosen akan dibedah,” katanya.
Wahyudin berharap, keterlibatan dosen melalui kegiatan tersebut dapat memberi dampat positif terkait peningkatan jumlah proposal penelitian yang diajukan ke Kemenristekdikti.  “Sehingga iklim akademik khususnya bidang penelitian dan pengabdian masyarakat di Unismuh Luwuk semakin baik,” harapnya. (and)

About uman