Home » Politik » Kementrian Agraria Beri Perlindungan
Kementrian Agraria Beri Perlindungan
Moh. Djufrie Diko

Kementrian Agraria Beri Perlindungan

LUWUK— Konsultasi DPRD Banggai pada sejumlah lembaga di Jakarta dalam mengadvokasi warga Tanjung korban eksekusi lahan, akhirnya membuahkan hasil. Salah satunya pada Kementrian Agraria Tata Ruang/BPN Direktorat Sengketa dan Konflik Tanah.
Juru bicara tim DPRD Banggai, Moh. Djufrie Diko kepada Luwuk Post, Rabu (10/5) kemarin mengabarkan, kementrian menegaskan bahwa warga Tanjung yang memiliki sertifikat pada lahan eksekusi, dianggap sah. Sebab disaat proses penggusuran tidak ada pembatalan sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banggai melalui pengadilan.
Bahkan kementrian kata Djufrie, meminta warga korban eksekusi yang punya sertifikat mengadu secara resmi. “Saat ini kementrian Agraria Tata Ruang/BPN Direktorat Sengketa dan Konflik Tanah menunggu aduan warga,” kata politisi PAN ini.
Hal lain yang disampaikan atas hasil konsultasi, warga diminta untuk tidak menerima relokasi atau menduduki lahan baru di desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara. Alasan kementrian, warga masih punya legalitasi kepemilikan lahan di kawasan Tanjung Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk.
“Kementrian menyikapi serius kasus ini. Mereka siap memberi perlindungan kepada warga. Bahkan rencananya akan turun melihat langsung di lapangan,” ucap Djufrie.
Adalah pelanggaran undang-undang nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara, ketika asset Pemda Banggai yang ada di lahan sengketa dieksekusi. “Itu juga termasuk pointer yang disampaikan kementrian,” ucap anggota Komisi 2 DPRD Banggai ini. Pihak ahli waris Berkah Bakari yang memenangkan perkara, tidak dibenarkan untuk mengurus sertifikat pada BPN Banggai. Sebab atas anjuran kementrian, ada lahan yang dieksekusi tidak masuk dalam obyek perkara.
Tim DPRD Banggai yang dipimpin Wakil Ketua I Putu Gumi ini juga berpersonilkan sejumlah legislator. Mereka adalah Irwanto Kulap sebagai sekretaris, Syafruddin Husain, Saripudin Tjatjo dan Ibrahim Darise sebagai anggota. Dua Kabag di sekretariat dewan juga ikut serta, yakni Kabag Legislasi dan Perundangan Rudi Bullah serta Kabag Persidangan Ferry Sujarman. (yan)

About uman