Home » Kampus » Unismuh Luwuk Teken MoU Bidang Penelitian
Unismuh Luwuk Teken MoU Bidang Penelitian
Sri Sukari Agustina

Unismuh Luwuk Teken MoU Bidang Penelitian

LUWUK-Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi, resmi menandatangani MoU di bidang penelitian, Selasa (9/5).
Penandatanganan MoU itu dilakukan langsung oleh Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti, di Auditorium Ridwan Saleh Mattayang, Kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Jl Bung, Km-9, Makassar, Sulawesi Selatan.
Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Luwuk, Sri Sukari Agustina, mengatakan, penandatanganan MoU antara pimpinan Unismuh Luwuk dan Kopertis merupakan rangkian tahapan pencairan dana hibah penelitian dosen, yang sebelumnya dinyatakan lolos oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebelumnya, penandatanganan MoU juga telah dilakukan Kemenristekdikti dan Kopertis.  “Hari ini (kemarin_red) Rektor sudah tandatangani MoU dengan Kopertis. Sekarang kita tinggal menunggu hasil dari Pak Rektor, apakah dosen sudah bisa turun melakukan penelitian atau belum,” katanya, Selasa (9/5).
Menurut Dia, meskipun dana hibah belum dapat dicairkan, dosen sudah dapat melakukan penelitian dengan menggunakan dana pribadi. Hanya saja, dana yang dikeluarkan harus sesuai dengan dana hibah yang digelontorkan kepada masing masing dosen yang proposalnya dinyatakan lolos oleh Kemenristekdikti.
“Sebenarnya sudah bisa langsung meneliti setelah ada kepastian dari Rektor. Persoalannya, Oktober nanti dosen sudah harus mengunggah laporan kemajuan penelitiannya,” katanya.
Diketahui, sebanyak 13 proposal hibah yang lolos diantaranya, 11 proposal Penelitian Dosen Pemula (PDP), 1 proposal Iptek Bagi Masyarakat (IBM), serta 1 proposal Produk Terapan. Jumlah tersebut terbilang lebih banyak, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang hanya berjumlah 8 proposal.
Sementara itu, dana hibah yang didapatkan dosen melalui proposal penelitian tersebut bervariasi, tergantung jenis proposal yang diajukan. Untuk proposal penelitian dosen pemula, dana hibah yang didapatkan hingga mencapai Rp 20 juta, IBM Rp 35 sampai dengan Rp 45 juta, dan produk terapan Rp 60 sampai dengan Rp 75 juta. (and)

About uman