Home » Banggai Laut » SK Tim Pendirian UMB Diteken
SK Tim Pendirian UMB Diteken
Ridwan Amirullah

SK Tim Pendirian UMB Diteken

BANGGAI – Surat keputusan (SK) pimpinan daerah Muhammadiyah (PMD) Kabupaten Banggai Laut (Balut) telah dikeluarkan. SK tersebut merupakan pengesahan terbentuknya tim pendirian Universitas Muhammadiyah Banggai (UMB) daerah maritime itu, tertanggal 20 April 2017.
Sekretaris PDM, Ridwan Amirullah menyatakan SK tersebut melibatkan tim yang terdiri dari tokoh akademisi dan pemerhati pendidikan setempat yang dinilai mumpuni.
Menurutnya, tim akan bekerja menyusun statuta UMB dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) termasuk pengadaan infrastruktur dan daya dukung lainnya yang berkaitan dengan teknis operasional UMB. “Mereka akan berkoordinaai dengan pimpinan yayasan Muhammadiyah hingga ke Kementerian Dikti,” ujar Ridwan, Selasa (9/5).
Ridwan menjelaskan, alasan pendirian UMB untuk mengimplementasikan program pemerintah dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten Balut. “Ini juga jadi harapan masyarakat guna menyikapi biaya pendidikan keluar daerah yang makin tinggi,” bebernya.
Tim pendirian UMB dipimpin oleh Akhmad dengan Sekretaris Sabri Fuding Latief. Tim ini, lanjut Ridwan, bertanggung jawab kepada PDM yang terdiri atas sembilan orang tokoh akademik dengan Ketua H. Karim.
Ridwan menambahkan, sudah ada tokoh masyarakat yang siap menghibahkan lahan sekitar 10 hektare sebagai salah satu syarat berdirinya universitas. “Tinggal dukungan riil pemerintah untuk kelancaran perjuangan. Targetnya akhir tahun 2018, operasionalisasi sudah bisa dimulai,” tuturnya.
Ridwan berharap pemerintah kabupaten Banggai Laut bisa mendorong dan memfasilitasi percepatan pembentukan UMB. (sbt)

About uman