Home » Politik » Dapil III belum Pantas Dimekarkan
Dapil III belum Pantas Dimekarkan
Aswan Ali

Dapil III belum Pantas Dimekarkan

LUWUK— Pendapat Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai, Ibrahim Darise bahwa dapil III wajib mekar, dimentahkan. Ada alasan aktivis LSM Yayasan Forum Kedaulatan Rakyat (Yasfora) Kabupaten Banggai, Aswan Ali sehingga tidak senada dengan politisi lalong tiga periode tersebut.
Dimintai pendapat, Minggu (7/5) kemarin, Aswan mengatakan, dapil III belum pantas dimekarkan menjadi dua dapil. Hanya saja untuk Kecamatan Bualemo (dapil III), dimasukkan dalam dapil IV. Dengan begitu kata Aswan, jatah kursi dapil III pada pileg 2019 menjadi 8 kursi.
Alasan paling mendasar sehingga dapil III belum bisa dimekarkan menurut Aswan, karena dapil itu dipersiapkan menjadi daerah otonom baru, dengan membentuk kabupaten baru. Dengan demikian masyarakat di dapil III saat ini tetap bisa mengkonsolidasikan aspirasi dan potensinya agar tidak terkotak-kotak lagi dalam dapil yang berbeda.
Jika saran Ibrahim Darise ditentang Aswan, tapi tidak bagi pendapat Suryanto. “Konsep pemekaran pemekaran yang dimaksud suryanto, saya sangat sepakat. Karena konsep itu sudah mencerminkan adanya kearifan lokal,” ucapnya.
Ketika dapil V terealisasi tentu saja akan mengakomodir kelompok etnis warga Saluan dalam satu dapil, sehingga warga etnis Saluan berpotensi mendapat porsi raihan kursi di DPRD Banggai lebih banyak lagi dari yang lalu. Sedangkan dapil IV sinkronisasi dengan dapil lain melalui konsep penambahan jatah kursi dari 4 kursi menjadi 6 kursi pada pemilu 2019 nanti. (yan)

About uman