Home » Politik » Ko Sin Didorong Bertarung di Senayan
Ko Sin Didorong Bertarung di Senayan
Sukrisnanto Setjoadi

Ko Sin Didorong Bertarung di Senayan

LUWUK – Pemilihan Legislatif (pileg) masih cukup lama. Namun begitu siapa-siapa yang dikehendaki rakyat untuk maju bertarung, sudah mulai diaspirasikan. Salah satu di antaranya adalah Sukrisnanto Setjoadi. Masyarakat dan sejumlah tokoh di Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut meminta agar Wakil Ketua DPD I Golkar Sulawesi Tengah Bidang Ekonomi tersebut maju memperebutkan salah satu kursi DPR-RI di Senayan.
Salah satu alasan masyarakat, Ko Sin panggilan akrab Sukrisnanto Setjoadi, nanti turut memperjuangkan pembentukan Provinsi Sulawesi Timur (Sultim) setelah berhasil menjadi anggota DPR-RI.
Senada dengan aspirasi masyarakat, diungkap seorang punggawa Partai Golkar Bangkep. Tokoh yang tidak mau identitasnya dibuka koran mengatakan, dirinya mendukung penuh Ko Sin maju ke Senayan.
“Kalau sekarang saya terang-terangan menyatakan dukungan, saya tidak enak, karena nama-nama Caleg DPR-RI belum ditentukan partai, tapi pada prinsipnya saya mendukung Ko Sin karena beliau adalah putera terbaik Banggai yang sukses di rantau, lagi pula beliau benar-benar perduli terhadap daerah asalnya,” ungkap politisi beringin yang juga anggota DPRD Banggai tersebut.
Dukungan terhadap Ko Sin juga diungkap mantan anggota DPR-RI, Murad Nasir. Politisi yang juga mantan Ketua DPRD Provinsi Sulteng tersebut menegaskan, dirinya mendukung penuh Ko sin untuk maju pada Pileg 2019. “Sangat spesial dukungan saya kepada beliau,” kata Murad.
Dia membenarkan masyarakat yang menginginkan agar Ko Asin menjadi anggota DPR-RI agar kelak dapat menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk merealisasikan Provinsi Sultim.
Menurut Murad Nasir, pembentukan Sultim membutuhkan figur seperti Ko Sin. “Dia juga bisa mem-back up dengan finansial dan lobi-lobi di Jakarta, lagi pula dia itu memiliki rekam jejak yang baik,” katanya sambil menyatakan keyakinannya jika nanti Ko Asin berhasil menjadi anggota DPR-RI akan memberikan perhatian besar kepada masyarakat dan daerah. “Saya yakin itu,” tandas Murad.
Serupa dengan tokoh perempuan Banggai, Fatria L, yang juga kader Golkar Banggai. Menurutnya Ko Sin adalah putera terbaik Banggai yang layak mendapat dukungan masyarakat.
“Ko Asin adalah politisi yang tidak mencari kekayaan lagi di DPR-RI, karena untuk kehidupa sehari-harinya sudah lebih dari cukup, jadi beliau mencalonkan diri murni untuk memperjuangkan hak-hak daerah dan rakyat, karenanya saya mendukung penuh,” papar Fatria.
Dikatakannya pula, politisi-politisi asal Sulawesi bagian Timur merupakan tokoh-tokoh unggul yang diperhitungkan. “Banyak politisi Senayan lahir di Sulawesi Timur,” kata Fatria.
Menanggapi gelombang dukungan terhadap dirinya, Ko Sin mengutarakan terima kasih. Meski begitu putera Banggai yang menyelesaikan pendidikan S2 di Canada tersebut, menyatakan dirinya menghormati mekanisme partai. Ditemui di kediamannya kemarin, Ko sin menerangkan bahwa hingga kini partainya belum membahas pencalonan legislatif. “Tapi kalau dukungan ini datang, marilah kita bersama-sama berjuang mewujudkannya,” kata Ko Sin.
Jika kelak benar-benar dapat menduduki kursi empuk di Senayan, Ko Sin berjanji akan benar-benar memenuhi harapan masyarakat untuk memperjuangkan Provinsi Sultim yang rencananya meliputi Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara, dan Touna.
“Mari kita maju bersama, bersatu untuk mengawal pembentukan Sultim,” tandas Ko sin.Dia juga menyatakan akan benar-benar mengabdi untuk daerah dan masyarakat.
“Sisa hidup ini akan saya habiskan untuk mengabdi kepada daerah dan masyarakat,” tegas Ko Sin. Selain itu dia juga berjanji, jika nanti terpilih menjadi anggota DPR-RI akan rajin menyambangi rakyat dan daerah. (RN)

About uman