Home » Metro Luwuk » Penelitian Dosen Unismuh Menunggu MoU
Penelitian Dosen Unismuh Menunggu MoU
Sri Sukari Agustina

Penelitian Dosen Unismuh Menunggu MoU

LUWUK – Sebanyak 13 proposal penelitian dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk belum dapat dijalankan. Pasalnya, hingga saat ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) belum mencairkan dana untuk pembiayaan penelitian tersebut.
“Belum ada pencairan dari Kemenristekdikti. Pencairan setelah kopertis dan universitas menandatangani MoU (Memorandum of Understanding),” ungkap Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Luwuk, Sri Sukari Agustina, Selasa (2/5).
Sebelumnya, lanjut dia, kopertis dan Kemenristekdikti telah menandatangani MoU, yang kemudian akan ditindaklanjuti ke tingkat universitas. “Informasi dari kopertis, penandatangan MoU dilakukan awal atau akhir Mei 2017,” katanya.
Menurut Sri, dosen sudah dapat melakukan penelitian jika kopertis dan universitas resmi menandatangani MoU.
“Setelah penandatangan MoU itu, Kemenristekdikti tidak langsung mencairkan hibah penelitian. Harus menunggu beberapa bulan lagi. Hanya saja, dosen yang bersangkutan sudah bisa turun untuk meneliti dengan anggaran pribadi, sesuai dengan jumlah hibah yang diberikan nanti,” katanya.
Diketahui, sebanyak 13 proposal hibah yang lolos diantaranya, 11 proposal Penelitian Dosen Pemula (PDP), 1 proposal Iptek Bagi Masyarakat (IBM), serta 1 proposal Produk Terapan. Jumlah tersebut terbilang lebih banyak, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang hanya berjumlah 8 proposal. (and)

About uman