Home » 2017 » May

Monthly Archives: May 2017

Kembangkan Empat Kawasan Objek Wisata Unggulan

SALAKAN – Sebagai wilayah kepulauan, laut menjadi sektor utama yang perlu diprioritaskan. Pasalnya, terdapat potensi dan kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan sebagai penopang kehidupan sekitar 114 ribu penduduk Banggai Kepulauan (Bangkep). Dengan wilayah geografis kepulauan dan laut yang luas, wilayah Bangkep kaya akan keindahan laut, pantai, dan pulau pulau kecil yang memesono. Tentunya, ini memiliki potensi  untuk pengembangan wisata bahari. ... Read More »

Sekelompok Pemuda Kedapatan Balapan Liar

LUWUK– Sekelompok pemuda diamankan polisi. Mereka kedapatan balapan liar di jembatan desa Mantawa, Kecamatan Toili Barat, Selasa (30/5) sekira pukul 16.45 Wita. Polisi pun menyita knalpot bogar yang diduga digunakan untuk balapan liar. “Warga sudah resah dengan aksi balapan liar oleh sekelompok pemuda. Ada 6 knalpot bogar yang disita,” ungkap Bhabinkamtibmas Desa Uwelolu, Bripka I Putu Edi, kemarin. Ia menyatakan, ... Read More »

Truk Ekspedisi Tabrak Tembok Warga

LUWUK UTARA– Kecelakaan tunggal terjadi di Desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara, Selasa (30/5). Sebuah mobil truk ekspedisi berwarna kuning tanpa muatan dengan nomor polisi DN 8600 RA ringsek, setelah menabrak pagar tembok milik warga setempat pukul 05.00 wita dini hari. Mobil yang dikendarai Rahmat, warga Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan oleng ke jalur kiri, saat melaju dari arah kota Luwuk. ... Read More »

13 Pasangan Terjaring Razia

LUWUK– Sebanyak 13 pasangan tanpa surat nikah terjaring razia dalam operasi Pekat Tinombala 2017, di sejumlah penginapan yang ada di Kota Luwuk, Senin malam (29/5). Kapolsek Luwuk AKP Suardi, mengungkapkan, dari 13 pasangan yang terjaring razia, satu pasangan tidak sah berhasil ditemukan di penginapan Dahlia, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk. Sepasang muda mudi ini berinisial JM (23) warga Toili Unit 25, ... Read More »

Batia Pimpin Safari Ramadan NasDem

LUWUK— NasDem menjadi partai politik paling aktif. Setumpuk agenda telah dilakoninya. Di bulan Ramadan ini, partai restorasi tersebut kembali turun lapangan. Bertajuk Safari Ramadan, partai pemilik empat kursi di DPRD Banggai mengunjungi tiga kecamatan. Tim Safari Ramadan itu langsung dipimpin Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Batia Sisilia Hadjar. Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Zulharbi Amatahir kepada Luwuk Post ... Read More »

Jangan Lemahkan Kredibilitas Bawaslu

LUWUK— Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) adalah lembaga terhormat yang diberi kewenangan oleh negara sebagai alat mengontrol, mencegah dan menindak lanjuti pelanggaran pemilu. Mendasari tupoksinya itu, marwah lembaga tersebut harus tetap terjaga. Komitmen itu tentu saja dimulai dari internal. “Bagaimana lembaga itu bisa survive di gawean pemilu serentak pertama, ketika tidak diperkuat mulai dari proses rekruitmen,” kata mantan Ketua Panwaslu ... Read More »

Kepedulian Aleg Dapil I Ditagih

LUWUK— Kepekaan para anggota DPRD Banggai asal dapil I terhadap konstituen, sepertinya mulai meluntur. Rasa itu setidaknya dirasakan warga desa Lontos Kecamatan Luwuk Timur. Mereka pun menagih kepedulian para wakilnya di dewan tersebut. “Bukan hanya eksekutif. Kami juga menagih kepekaan legislatif. Mana kepedulian para aleg, khususnya dari dapil I,” ujar aktivis Dade Lontos di kantor DPRD Banggai, belum lama ini. ... Read More »

Anggaran Rp 5,3 Miliar Mubazir

TOILI-Tidak hanya kualitas jalan Saluan-Tou yang dikeluhkan. Di Kecamatan Toili, tepatnya di desa Singkoyo Dusun Binatani juga terdapat pekerjaan jalan yang kualitasnya meragukan. Proyek rehabilitasi jalan Rusa Kencana-Binatani itu menggunakan Alokasi Dana Khusus (DAK) 2016 sebesar Rp 5,3 miliar dan dikerjakan PT Amandita Modal Utama. Meski baru berlangsung lima bulan, jalan itu mengalami kerusakan yang terbilang parah. Amatan koran ini ... Read More »

Kemendagri Kembali Evaluasi Banggai Laut

BANGGAI – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali mengevaluasi Kabupaten Banggai Laut, Selasa (30/5). Sebagai daerah otonomi baru (DOB), pemerintah pusat ingin memastikan daerah kepulauan itu bisa mandiri. Kasubdit Penataan Daerah I Kemendagri, Endarto, menyatakan, pemerintah Kabupaten Banggai Laut (Balut) perlu membenahi aset yang telah diserahkan pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan pasca pemekaran. Sebab, terdapat dalam dokumen, tetapi wujudnya tidak ada. “Aset ... Read More »

Eva Bande Turun Gunung

LUWUK— Setelah cukup lama tak terdengar, kini Eva Bande kembali muncul. Aktivis perempuan ini datang dengan satu agenda, yakni melakukan advokasi terhadap warga Tanjung yang menjadi korban eksekusi. Kehadiran wanita energik ini, praktis melahirkan apresiasi dari Front Masyarakat Tanjung Bersatu (FMTB), yang selama ini intens mendampingi warga yang telah digusur rumahnya tersebut. “Kami seakan mendapat kekuatan baru, setelah Eva Bande ... Read More »