Home » Berita Utama » Dibungkus Tas Kresek, Bayi Dibuang ke Sungai
Dibungkus Tas Kresek, Bayi Dibuang ke Sungai
Anggota kepolisian Polres Banggai membawa jenazah bayi yang ditemukan di sungai kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan, Rabu (22/3). Belum diketahui siapa orang tua dari bayi tersebut.

Dibungkus Tas Kresek, Bayi Dibuang ke Sungai

LUWUK-Masih ada juga orang yang tega membuang bayi. Jabang bayi tak berdosa itu ditemukan oleh Zikri, seorang mahasiswa yang hendak membersihkan sampah di Sungai Simpong Kecamatan Luwuk, Rabu (23/3).
Bersama beberapa temannya pecinta alam, Zikri melakukan aksi bersih bersih di alur sungai dalam rangka memeringati hari air se dunia. Tepat di bawah jembatan Kelurahan Simpong dan Jole, Ia melihat sebuah tas kresek hitam yang tengah terapung. Tanpa curiga Zikri lalu mendekat dan mengambil tas plastik yang dikira berisi sampah itu. “Pas saya buka, kelihatan usus, saya kira itu ayam potong, ternyata bayi,” ungkap Zikri.
Mengetahui kondisi bayi yang sudah tidak bernyawa lagi, Zikri bersama rekannya segera memanggil pihak kepolisian. “Bayi tersebut terbungkus dengan sejumlah kain,” terangnya.
Kapolsek Luwuk AKP Suwardi yang kebetulan hadir dalam kegiatan hari Air se Dunia mengaku, awalnya bayi tersebut hanya tergeletak di bawah jembatan, karena prihatin, Babinkantibnas yang juga hadir langsung meletakkan jasadnya di dalam dus. Setelah itu Ia langsung menghubungi Kasat Reskrim Polres Banggai untuk mengidentifikasi. “Kami dari Polsek akan terus mencari informasi pelaku pembuangan bayi ini,” tegasnya.
Amatan Luwuk Post, penemuan jenazah bayi menghebohkan warga sekitar. Sejumlah polisi terpaksa mengamankan arus lalulintas karena warga yang penasaran memadati jalan satu arah itu. Sementara jenazah bayi langsung dibawa ke RSUD Luwuk.
Kasat Reakrim Polres Banggai AKP Egidio F Alfamantar saat dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan bayi di sungai Jole Atas, Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan. Mayat bayi malang itu ditemukan oleh para pecinta alam saat membersihkan pinggiran sungai Jole. “Kami sudah lakukan olah TKP. Sementara mayat bayi sudah dibawa ke RSUD Luwuk untuk pemeriksaan luar dan pengambilan tulang untuk sampel uji DNA,” ungkapnya. Belum diketahui motif pembuangan bayi ini. Namun, pihaknya masih dalam proses penyelidikan pelaku. “Sementara masih diselidiki,” kata Egidio.(ajy/awi)

About uman