Home » Berita Utama » Bonus Demografi Harus Bermanfaat
Bonus Demografi Harus Bermanfaat
Wenny Bukamo

Bonus Demografi Harus Bermanfaat

BANGGAI-Bupati Balut, H. Wenny Bukamo, menyatakan, pertumbuhan ekonomi provinsi Sulawesi Tengah termasuk di peringkat atas skala nasional, yakni berada pada angka sembilan digit.
Kabupaten Morowali Utara dan kabupaten Banggai memberi sumbangan terbesar pada pencapaian ini berkat terbukanya potensi pertambangan.
Tapi di balik tingkat pertumbuhan ekonomi yang membaik ini, daerah kita diperhadapkan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah.
Menurutnya, rendahnya angka IPM kabupaten Banggai Laut tahun 2016 terkait erat dengan tingginya angka kemiskinan yang berada pada kisaran 18 persen.
“Ini keprihatinan kita. Padahal Balut punya potensi tenaga angkatan kerja yang cukup sebagai bonus demografi,” ujarnya belum lama ini.
Bonus demografi yang dimaksudnya adalah komposisi kependudukan dimana jumlah usia muda (angkatan kerja) lebih banyak dari jumlah orangtua dan anak.
“Tapi bonus ini hanya akan jadi musibah jika tidak dibarengi mentalitas yang baik,” imbuhnya.
Wenny meminta dukungan dan perhatian seluruh komponen warga untuk mengatasi persoalan anak muda dan pelajar yang makin memprihatinkan. “Saya sedih dengan laporan hasil operasi Satpol-PP dan Polsek. Anak-anak kita bahkan ada yang sudah masuk kualifikasi pengedar narkotik dan obat terlarang,” ungkapnya.
Pemerintah lanjut Wenny, akan menempuh semua langkah yang mungkin untuk memanfaatkan bonus demografi yang ada bagi kesejahteraan seluruh warga Balut. “Ini perlu dukungan semua pihak sebab pemerintah tak mungkin berhasil jika hanya bekerja sendiri,” tandasnya. (sbt)

About uman