Home » Berita Utama » Puluhan Siswa Belajar di Rumah Guru
Puluhan Siswa Belajar di Rumah Guru
Puluhan siswa SDN 1 Jaya Bakti saat menerima pelajaran di rumah dinas guru, Rabu (15/3). Sekolah tersebut kekurangan ruang kelas baru (RKB) sehingga harus belajar di rumah dinas guru.

Puluhan Siswa Belajar di Rumah Guru

PAGIMANA–Pemerintah Kabupaten Banggai belum berhasil mencarikan solusi terkait kesenjangan di sektor pendidikan. Di SD Negeri I Jayabakti, Kecamatan Pagimana misalnya, akibat ruang kelas yang terbatas, siswanya harus belajar di rumah dinas  guru.
Seorang guru SD Negeri I Jayabakti, Gina Puspita, menuturkan, lantaran rumah dinas tersebut sangat sempit, ketika proses belajar mengajar beberapa siswa harus melepas baju yang dikenakan karena sangat pengap.
“Jika cuaca cerah murid saya yang menggunakan ruang belajar di rumah guru dengan terpaksa harus membuka baju sekolah. Siswa saya sering mengeluh kepanasan, badan mereka berkeringat dan tentunya konsentrasi  belajar akan terganggu,” jelas Gina, Rabu (15/3).
Sementara itu,  Kepala SDN 1 Jaya Bakti, Surtina Tube, menyatakan, siswa yang belajar di rumah dinas guru, sebagian kelas II. Sebab, jumlahnya mencapai 50 orang sehingga ruang kelas tak lagi cukup untuk menampung seluruh siswa. “Dengan terpaksa sebagian murid kami ungsikan di rumah dinas guru,” ucap Surtina.
Menurut Surtina, setiap tahun ajaran baru, jumlah murid mengalami peningkatan cukup signifikan. Sementara ruang kelas baru tak kunjung dibangun. “Ini sesuai kondisi penduduk Desa Jaya Bakti yang terus bertambah,” katanya.
Surtina berharap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai segera mencarikan solusi atas masalah tersebut. Sebab, dikhawatirkan akan memengaruhi minat belajar siswa. “Kasihan anak-anak. Bisa berdampak pada putus sekolah karena ruang kelas yang terbatas dan tidak memadai,” tandasnya. (anto) 

About uman