Home » Metro Luwuk » Petani Tewas Minum Racun
Petani Tewas Minum Racun
Korban bunuh diri disemayamkan di rumahnya, di Desa Mekarsari, Kecamatan Toili Barat, Selasa (7/3).

Petani Tewas Minum Racun

LUWUK-Warga Desa Mekar Sari, Kecamatan Toili Barat, Ida Bagus Santoso (33), nekat mengakhiri hidupnya dengan cara menengak racun hama padi. Petani sawah itu meninggal setelah dilarikan ke puskesmas Puskesmas Toili III, Selasa (7/3) sekira pukul 12.40 Wita.
Bhabinkabtibmas Desa Mekar Sari Bripka I Putu Edi Sastrawan melalui Kasubag Humas Polres Banggai AKP Wiratno Apit, mengungkapkan, korban diduga punya masalah keluarga, yang tidak pernah diceritakan kepada istri dan anaknya.
“Itu yang diduga menyebabkan korban mengakhiri hidupnya dengan menelan obat racun hama padi merek Dangke,” tuturnya, kemarin.
Berdasarkan kronologis yang dihimpun dari keluarga korban, awalnya, korban keluar dari rumah menuju rumah pamannya sekira pukul 11.00 Wita.  Setengah jam keluar, korban balik ke rumah. “Yang melihat korban keluar dan balik ke rumah itu adalah tantenya, karena kebetulan berada di rumah korban,” beber Wiratno.
Saat masuk ke dalam rumah, lanjutnya, korban langsung ke dapur. Tiba-tiba, terdengar suara korban yang memanggil tantenya. “Tante korban langsung ke dapur, dan melihat mulut korban sudah mengeluarkan busa serta tubuhnya kejang-kejang. Di samping tubuh korban, ditemukan sebungkus obat racun bermerek Dangke,” paparnya.
Dibantu keluarga lainnya, korban langsung dilarikan ke Puskesmas Toili III, di Desa Sidang Sari, Kecamatan Toili Barat. Namun belum beberapa menit tindakan penyelamatan, korban sudah menghembuskan nafas terakhir.
Terpisah, Kepala Desa Mekar Sari, I Gede Tarsana, saat dikonfirmasi koran ini membenarkan kejadian tersebut. Kata dia, kejadian bunuh diri itu berlangsung sangat cepat. Namun, Ia belum bisa memastikan apakah korban meninggal di rumahnya ataukah sudah di Puskesmas. “Saya belum bisa pastikan, korban meninggal di mana. Kami saat ini masih sibuk mengurus jenazah korban untuk dimakamkan,” katanya.(awi/um)

About uman