Home » Berita Utama » Kades Minta BUMDes Salurkan Pupuk
Kades Minta BUMDes Salurkan Pupuk
Seorang petani di Kecamatan Masama saat memanen sawah, belum lama ini. Mereka sering mengeluhkan kekurangan pupuk sehingga sejumlah kepala desa mendukung pupuk bersubsidi disalurkan oleh BUMDes.

Kades Minta BUMDes Salurkan Pupuk

MOILONG – Sejumlah kepala desa di Kecamatan Moilong menginginkan distribusi pupuk subsidi dari pengecer atau pemilik gilingan padi dialihkan ke BUMDes. Apalagi, selama ini skema tersebut membuat utang pupuk subsidi petani kian menumpuk.
Kepala Desa Mulyoharjo Dani Darmo Wijoyo menilai, pendistribusian pupuk subsidi melalui BUMDes sangat efesien. Kemudian, tak jarang petani kekurangan pupuk subsidi yang disalurkan para pemilik gilingan padi. “BUMDes kita ke depan nantinya akan mengarah ke sektor pertanian, utamanya kebutuhan pupuk petani, karena selama ini pengecer pupuk untuk beberapa desa hanya satu saja. Sedangkan luas lahan untuk Mulyoharjo ada sekitar 250 hektar,” terangnya, selasa (7/3).
Dengan terbentuknya BUMDes, lanjut pria yang juga Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Moilong itu, mendapat dukungan penuh para petani di Mulyoharjo. “Yah semoga tidak ada halangan untuk ke depan pendirian BUMDes ini,” jelasnya.
Pernyataan serupa dilontarkan Kepala Desa Sidoharjo, Kayumi. Dia merencanakan mendirikan BUMDes yang bergerak di sektor pertanian untuk merespons kebutuhan pupuk bersubsidi yang kerap kekurangan. “Kalau di desa ini ada sekira 87 hektar yang digarap warga saya, jika dihitung dengan sawah milik warga di luar desa ini lebih dari itu,” kata Kayumi.
Menurut Kayumi, selama ini petani pengusaha gilingan padi yang juga sebagai pengecer pupuk subsidi. Akibatnya, setiap panen usai, utang para petani juga menumpuk dan sulit dilunasi. “Kalau seperti itukan setiap panen berarti petani tidak dapatkan hasil,” jelasnya.
Dengan utang yang terus membengkak, kata dia, para petani tidak akan sejahtera. Karena itu, RDKK mesti disetor ke BUMDes untuk memastikan kebutuhan pupuk subsidi setiap kelompok tani. “Kalau dengan BUMDes ini bisa menampung kebutuhan petani melalui RDKK, secara otomasitis hasil panen petani juga dapat terkontrol dengan baik. Hal ini banyak juga kepala-kepala desa lainnya yang akan buat BUMDes di bidang pertanian, terlebih bagi desa yang memiliki banyak sawah,”pungkasnya. (um)

About uman