Home » Berita Utama » Dukung BUMDes Kelola Pupuk
Dukung BUMDes Kelola Pupuk
Sutrisno K. Djawa

Dukung BUMDes Kelola Pupuk

LUWUK – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulutra  dan BPM-PD Kabupaten Banggai diminta segera berkoordinasi untuk mengubah skema penyaluran pupuk subsidi. Jika tidak, praktik-praktik pengecer yang merugikan petani masih akan terus berlangsung. Apalagi, langkah ini mendapat dukungan dari sejumlah pihak.
Salah satunya Akademisi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Sutrisno K. Djawa. “Sesuai dengan nawacita ekonomi kerakyatan, sudah sangat pas jika distribusi pupuk dikelola BUMDes, agar lebih menyentuh masyarakat khususnya kalangan petani,” ungkap Sutrisno K. Djawa, Sabtu (4/3).
Menurut Dia, jalur distribusi melalui pengecer membuat harga pupuk semakin tinggi. Dengan dialihkannya jalur distribusi ke BUMDes, para petani di desa akan lebih mengetahui seberapa besar harga pupuk yang mereka terima. Selain itu, petani akan lebih mengetahui sampai dimana kebutuhan pupuk yang harus mereka persiapkan.
“Semakin panjang jalur distribusi maka akan semakin mahal harga pupuk kepada para petani. Sebaliknya, jika jalur distribusi lebih pendek, maka harga pupuk yang didapatkan para petani akan semakin murah,” jelasnya.
Sebagai pebisnis, lanjut Wakil Rektor II Unismuh Luwuk ini, para pengecer dapat mencari keuntungan melalui distribusi pupuk tersebut.
“Nah, dialihkannya distribusi pupuk dari pengecer ke BUMDes akan menutup kerugian kerugian parapetani dengan harga yang mungkin tidak sesuai. Biaya pupuk yang dikeluarkan oleh petani akan lebih murah dan pastinya dapat terpenuhi,” terangnya. (and)

About uman