Home » Banggai Laut » 23 Turis Mancanegara Kunjungi Balut
23 Turis Mancanegara Kunjungi Balut
Dua puluh tiga wisatawan berhasil didatangkan komunitas Lipu Pau Basal. Titik kunjungan yang didatangi diantaranya Keraton Banggai dan situs makam Raja Mandafar.

23 Turis Mancanegara Kunjungi Balut

BANGGAI-Janji Komunitas Lipu Pau Basal yang bakal datangkan turis mancanegara kunjungi Balut terbukti. Minggu (5/3) kemarin, sekira 23 turis dari Amerika, New Zealand, Spanyol, Itali, Prancis dan Belanda merapat di pelabuhan Banggai dengan kapal khusus. Pukul 07.00 pagi waktu setempat, petinggi komunitas yang menjemput di pelabuhan segera membawa para turis tersebut ke sejumlah titik kunjungan yang direncanakan.
Sayang padatnya rute dan jadwal perjalanan menyebabkan masa singgah di Balut hanya tersedia sehari saja. “Kita hanya sempat bawa ke Keraton, makam Raja Mandafar, dan ke Banggai Lalongo,” tutur Indra, sekretaris Komunitas.
Sementara itu, pentolan komunitas lainnya, Agiel Lapene mengakui adanya keterbatasan fasilitas terutama menyangkut sarana transportasi yang masih minim. “Kita gunakan jasa bentor setempat. Itupun pengaturannya agak terburu-buru sehingga tidak terlalu maksimal,” imbuhnya.
Dia menegaskan agar kedatangan turis manca memungkinkan pemda setempat makin berbenah. “Kunjungan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai ujung tombak komponen pariwisata domestik,” pungkasnya. (Sbt)

About uman