Home » Metro Luwuk » Tersangka Iwan Said Resmi Dilimpahkan
Tersangka Iwan Said Resmi Dilimpahkan
Tersangka Iwan Said (duduk) saat berada di Kejaksaan Negeri Banggai untuk dilimpahkan.

Tersangka Iwan Said Resmi Dilimpahkan

LUWUK– Penyidik Satreskrim Polres Banggai secara resmi melimpahkan tersangka dugaan pelecehan seksual anak dibawah umur yang dilakukan mantan anggota DPRD Banggai Iwan Said ke Kejaksaan Negeri Banggai, pekan kemarin.
“Iya tersangka pelecehan seksual di Pagimana sudah diserahkan ke Kejaksaan (tahap dua). Selanjutnya, kami tinggal menunggu jadwal sidangnya,” ungkap penyidik melalui Kasubag Humas Polres Banggai, AKP Wiratno Apit, kemarin.
Dikatakan, pelimpahan itu setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Banggai menyatakan berkas perkara kasus yang sempat menarik perhatian publik itu, lengkap alias P21 pada Jumat pekan kemarin.
Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Banggai AKP Egidio F Alfamantar menyatakan, sebelumnya, kasus ini sempat menarik perhatian publik. Bahkan, sempat terjadi demo di depan Mapolres Banggai, dengan tuntutan agar penyidik segera menahan tersangka.
Kata dia, awal laporan penyidik hanya mendapat sedikit petunjuk. Sehingga, perlu dilakukan pendalaman kasus secara matang dari kesesuaian keterangan saksi-saksi, mencari bukti-bukti dan bahkan sampai menghadirkan dua psikolog anak dari Apsifor (Asosiasi Psikologi Forensik), yang didatangkan dari Jakarta untuk bertemu dengan korban dan melakukan konseling terkait kejahatan dialami korban. “Kasus ini bisa menjadi pegangan kami dalam mengungkap kejahatan serupa, yakni, pencabulan anak dan perempuan untuk ditegakkan keadilan dan memberi hukuman yang seberat-beratnya bagi pelaku. Ini merupakan bentuk komitmen yang kuat dari Polres Banggai untuk memberi perlindungan kepada anak-anak dan wanita dari ancaman predator seksual yang ada,” tandas Egidio.
Ia menjelaskan, tersangka dijerat dengan pasal 82 ayat 1 Perpu nomor 01 tahun 2016 tentang pembaharuan kedua atas Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Pelaku diancam dengan hukuman 15 tahun penjara.(awi)

About uman