Home » Berita Utama » Rp 2 Miliar untuk Tinalapu dan Dondolang
Rp 2 Miliar untuk Tinalapu dan Dondolang
Pemandangan nan eksotis Pulau Tinalapu di Kecamatan Pagimana, belum lama ini. Tahun ini pemerintah Kabupaten Banggai menggelontorkan anggaran untuk pengembangan Pulau dan Dondolan di Kecamatan Pagimana.

Rp 2 Miliar untuk Tinalapu dan Dondolang

PAGIMANA–Pemerintah Kabupaten Banggai mulai fokus  mengembangkan sektor pariwisata. Anggaran yang digelontorkan untuk pembenahan sejumlah destinasi seperti Pulau Tinalapu dan Dondolan di Kecamatan Pagimana, lumayan besar.
Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo menyatakan, pengembangan destinasi pariwisata bukan hanya di Pulau Dua, Kecamatan Balantak. Ini menjawab keinginan masyarakat agar destinasi wisata di daerah ini dibenahi.
”Saatnya pemerintah daerah memberikan perhatian terhadap dapil III yang telah terkebelakang dengan wilayah lain,” ujar Mustar saat perayaan Hari Patriotik,  belum lama ini.
Dari sisi anggaran, tahun ini pemerintah Kabupaten Banggai menggelontorkan dana sebesar Rp 2 miliar. Sumbernya, Rp 1 miliar dari Dinas Pariwisata untuk peningkatan fasilitas, sementara Rp 1 miliar lagi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang untuk  pengadaan mesin suling air asin menjadi tawar di Pulau Tinalapu dan Dondolang.
Untuk mendatangkan wisatawan, Dinas Pariwisata membentuk Badan Promosi Pariwisata (BPP). Tugas BPP membangun kemitraan dengan pelaku usaha pariwisata, promosi, dan pengembangan destinasi serta ekonomi kreatif. “Rencana kegiatan pengukuhan BPP 4 Maret,” jelas Kepala Dinas Pariwisata, Paiman Karto, Senin (27/2).
Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Cabang Luwuk yang juga anggota BPP, I Made Supertama, menyatakan, pemerintah daerah dan provinsi wajib membentuk BPP.“Dipersyaratkan undang-undang sembilan orang,” kata pria asal Bali itu. (anto/ali)

About uman