Home » Politik » Jadi Ketua KPU Punya Mekanisme
Jadi Ketua KPU Punya Mekanisme
Suhartono Sahido

Jadi Ketua KPU Punya Mekanisme

LUWUK— Suhartono Sahido rupanya terpancing dengan pernyataan Ketua KPU Banggai Irman Budahu yang menilai Amir Buhang layak memimpin lembaga penyelenggara pemilu itu mendatang. Dia pun bereaksi atas statemen bernada apresiasi itu.
Kepada Luwuk Post, Senin (27/2) kemarin, mantan Panwas Kabupaten Banggai ini mengatakan, menjadi Ketua KPU Banggai ditentukan mekanisme internal. Bukan didasarkan keinginan Irman pribadi. “Bukan didasarkan suka atau tidak suka. Tapi pemilihan ketua itu ditentukan oleh kesepakatan forum pleno nanti dan bukan sekarang,” kata Suhartono.
Berbeda dinamikanya lanjut Suhartono, ketika Irman saat ini meletakkan jabatannya sebagai Ketua KPU sebelum berakhir periodeisasinya. Dengan begitu Irman bisai menggalang kekuatan diinternal untuk memberikan porsi buat Amir untuk menggantikan posisi Ketua KPU Banggai.
Intinya tekan Suhartono, jangan mewacanakan sebuah rencana yang belum pasti, termasuk calon ketua KPU Banggai kedepan. Sebab tahapan awalnya ditentukan oleh proses rekruitmen yang bakal kompetitif.
Terlepas dengan wacana yang masih ghaib itu lanjut Suhartono, kedepan KPU Banggai harus diisi oleh sejumlah personal yang profesional dan punya dedikasi yang tinggi. Mereka mampu membawa lembaga independent itu lebih dipercaya publik. Hal itu akan ditentukan pada proses rekruitmen yang rencananya dilaksanakan tahun ini, termasuk rekruimen tim seleksi, sehingga melahirkan orang-orang pilihan, konsisten dan omongannya bisa dipegang. (yan)

About uman