Home » Banggai Kepulauan » Musrenbangda Bukan Formalitas
Musrenbangda Bukan Formalitas
Pemda Bangkep, mulai menggelar Musrenbangda tahun 2017. Musrenbangda di gelar untuk mengakomodir berbagai usulan masyarakat terkait dengan kebutuhan pembangunan di wilayahnya.

Musrenbangda Bukan Formalitas

SALAKAN– Siapa bilang Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah  (Musrenbangda), hanya kegiatan serimonial semata. Buktinya selama ini, sebagian besar program pembangunan di Kabupaten Bangkep, perencanaannya berbasiskan hasil Musrenbangda.
“Selama ini, ada anggapan Musrenbangda tak lebih sebatas kegiatan serimonial semata. Di Bangkep, selain hasil usulan reses anggota DPRD sebagian besar hasil Musrenbangda dijadikan acuan program pembangunan,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokorel, Setda Bangkep, Djamaludin Ahmad, akhir pekan kemarin.
Meski begitu, Djamaludin tak menepik adanya usulan pembangunan dari masyarakat yang lahir dari Musrenbangda tak terakomodir menjadi program pembangunan Pemda Bangkep.
Untuk hal ini, Djamaludin mengakuinya. Namun semua itu terjadi, kata dia, karena masalah keterbatasan anggaran yang membuat Pemda Bangkep, tak mungkin merealisasikan seluruh usulan dari masyarakat.
“Memang tidak semua usulan yang disampaikan masyarakat di Musrenbangda terakomodir. Ini menyangkut ketersedian anggaran. Semua usulan masyarakat yang masuk, diklasifikasikan berdasarkan skala perioritas. Yang terakomodir, tentunya yang masuk dalam skala perioritas,” jelas Djamaludin.
Penyampaian Djamaludin, untuk menepis adanya paradigma masyarakat yang menilai agenda Musrenbangda yang dilakukan setiap tahunnya oleh Pemda Bangkep sia-sia, karena tak terealisasikan menjadi program pembangunan setiap tahunnya.
Sepekan terakhir, Pemda Bangkep terus melakukan kegiatan Musrenbangda di tingkat Kecamatan.  Bahkan, Pemda Bangkep telah mengakomodir berbagai usulan kebutuhan pembangunan dari masyarakat dari beberapa kecamatan yang telah melaksanakan Musrenbangda.
Terbanyak usulannya, yakni kebutuhan fisik seperti sarana umum di bidang pendidikan, kesehatan dan  sarana dan prasarana lainnya dibutuhkan masyarakat. (wan)

About uman