Home » Politik » FKAD Jadi Penentu Kemenangan Irfan
FKAD Jadi Penentu Kemenangan Irfan
Ketua FKAD Kabupaten Banggai, Ali Akbar saat mengajukan protes pada Musda KNPI Banggai, tanggal 10 September 2016 di gedung pemuda.

FKAD Jadi Penentu Kemenangan Irfan

LUWUK— Tak hanya kompetitif. Musda KNPI Kabupaten Banggai periode 2016-2019 pada Sabtu 10 September 2016 lalu berjalan cukup dramatis. Pada momentum yang turut disaksikkan Ketua DPD KNPI Provinsi Sulteng, Muh. Nurulhaq beserta jajarannya tersebut, presidum sidang belum langsung menetapkan Irfan sebagai kandidat ketua.
Berdasarkan hasil verifikasi steering committee (SC), Irfan dianggap belum memenuhi syarat. Sekalipun jumlah pengurus kecamatan (PK) lebih dari syarat minimal yakni 3 PK, namun tidak bagi organisasi kepemudaan (OKP). Hasil verifikasi SC, Irfan hanya mendapat rekomendasi 5 OKP atau minus 1 OKP dari syarat minimal. “Irfan belum memenuhi syarat. Dari 6 OKP, Irfan baru mendapat rekomendasi 5 OKP,” ujar presidium sidang saat itu.
Spontan ruangan Musda di gedung itu banjir interupsi. Para pendukung Irfan silih berganti mengajukan komplain. Salah satunya Ketua Forum Komunikasi Anak Deker (FKAD) Kabupaten Banggai, Ali Akbar. Alhasil, dari 59 eksekutor alias pengguna hak suara, Irfan meraih 23 suara, disusul Herdiyanto 21 suara dan Fachri 15 suara.
Cerita lama itu terungkap lagi saat diskusi lepas di warkop Pak Sur di jalan Dahlia Kelurahan Karaton, Minggu (26/2) kemarin.
Ali berujar, kemenangan Irfan sebagai ketua terpilih KNPI Banggai saat itu, tidak lepas dari andil FKAD. Sebab FKAD awalnya oleh presidium sidang tidak meloloskan sebagai ekskutor. Namun dengan semangat juang yang tidak kenal menyerah, sehingga mampu meluluhkan hati presidium sidang. “Kalau FKAD saat itu tidak lolos, maka OKP lain pendukung Irfan juga tidak lolos. Makanya FKAD sebagai penentu kemenangan Irfan,” ujar Ali.
Namun saat ini dinamikanya berubah. FKAD tak dianggap lagi. Sikap itu tercermin dengan adanya kebijakan Ketua KNPI Banggai Irfan Bungadjim yang meresuhfle kepengurusan, salah satunya ketua FKAD Ali Akbar. (yan)

About uman