Home » Politik » Calon Ketua KPU
Calon Ketua KPU
Amir Buhang

Calon Ketua KPU

PAK Amir Buhang calon Ketua KPU Banggai kedepan”. Petikan kalimat ini spontan diucapkan Irman Budahu di kantor KPU Banggai, belum lama ini. Tentu bukan tanpa alasan komisioner berambut gondrong yang kini menahkodai lembaga penyelenggara itu harus berstatemen seperti itu.
Dari lima personil KPU Banggai, hanya Amir Buhang yang bersyarat mencalonkan kembali pada periode 2018-2023 mendatang. Ada kemungkinan kedepan regulasi membatasi ruang ASN untuk menjadi komisioner. Ketika wacana itu benar, maka akan mengganjal pencalonan Irman Budahu dan Hasrianti, mengingat keduanya adalah ASN.
Peluang Dri Sucipto dan Teguh Yuwono masuk dalam bursa calon Ketua KPU Banggai bakal tertutup. Sebab Divisi Hukum dan Divisi Teknis tersebut sudah dua periode menjabat anggota KPU Banggai. Apabila masih berkeinginan mengabdi sebagai penyelenggara pemilu, maka solusinya naik satu level, yakni menjadi anggota KPU Provinsi.
Perjalanan Amir sebagai penyelenggara pemilu terbilang tidak instan. Pertama kali ia menjadi anggota Panwas Kecamatan Luwuk pada pileg dan pilpres 2009. Amir pun naik kelas menjadi anggota Panwas Kabupaten Banggai pada tahun 2010 untuk Pilkada Banggai 2011.
Tahun 2013 Amir kembali terpilih sebagai anggota Panwas Kabupaten, untuk pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2014. Dan terakhir tahun 2016, Amir mendapat durian runtuh dengan menggantikan Supriyadi Djafar yang di PAW. Jabatan Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Banggai pun disandangnya.
Selain setumpuk pengalaman, kemampuan intelektualnya tidak perlu diragukan. Amir aktif di dunia kampus, dengan menjadi dosen tetap di Fakultas Ekonomi sejak tahun 2003, dan pernah menjadi Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan serta Wakil Dekan di Fakultas Ekonomi Universitas Tompotika Luwuk. Jadi tak keliru jika Amir kedepan dipercayakan sebagai Ketua KPU Banggai pasca Irman Budahu. (yan)

About uman