Home » Politik » Rumah Pintar Pemilu segera Dibuka
Rumah Pintar Pemilu segera Dibuka
Amir Buhang

Rumah Pintar Pemilu segera Dibuka

LUWUK— KPU Kabupaten Banggai berencana membuat rumah pintar pemilu (RPP). Sarana itu dibangun bertujuan untuk memberikan edukasi tentang kepemiluan kepada masyarakat Kabupaten Banggai.
Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Banggai, Amir Buhang Kamis (23/2) mengatakan, pembuatan RPP berdasarkan perintah KPU RI. Dari 34 provinsi se-Indonesia, 15 provinsi diantaranya diinstruksikkan membuat RPP, salah satunya Provinsi Sulteng. Sementara untuk kabupaten/kota dari 273 wilayah, KPU Banggai termasuk didalamnya.
Langkah awal yang dilakukan KPU Banggai sambung Amir, menyiapkan ruangan untuk dijadikan RPP. “Planing kami salah satu ruangan yang ada di kantor ini kami jadikan RPP,” ujarnya. Setelah ruangannya fiks, selanjutnya diisi dengan sejumlah instrument pendukung RPP itu.
Fungsi RPP berdasarkan petunjuk KPU RI tambah Amir, sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirais masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi.
Fungsi lebih luas lagi, RPP dapat dijadikan sebagai museum pemilu. “RPP nantinya akan dikelola sekretariat KPU dengan dibentuk semacam kepanitiaan,” kata Amir. Dengan adanya RPP yang didalamnya terdapat semua dokumen terkait kepemiluan, publik tidak kesulitan dalam mencari data tentang hal apa saja yang bertalian dengan kepemiluan di daerah ini.
Kapan RPP dilaunching? Ketua KPU Banggai Irman Budahu belum dapat memastikannya. “Kita menunggu Sekretaris KPU Banggai yang devinitif. Sebab program itu berkonsekwensi dengan anggaran,” ujar Irman. (yan)

About uman