Home » Politik » KPU Bakal Didominasi Wajah Baru
KPU Bakal Didominasi Wajah Baru
Personil KPU Kabupaten Banggai pada periode mendatang hampir dipastikan wajah baru. Ketua KPU Banggai Irman Budahu saat memperbaiki rambut gondrongnya disela-sela memimpin pleno di kantornya, beberapa waktu lalu.

KPU Bakal Didominasi Wajah Baru

LUWUK— Tahun 2013 sampai dengan 2018 adalah masa periodeisasi KPU Banggai. Dengan demikian setahun lagi umur para komisioner pada lembaga penyelenggara pemilu tersebut.
Ketua KPU Banggai, Irman Budahu belum dapat memastikan, apakah pada periode selanjutnya masih akan mencalonkan sebagai anggota KPU Banggai atau sebaliknya. “Saya belum berpikir ke arah itu,” jawab Irman kepada Luwuk Post, Kamis (23/2) kemarin.
Hampir dipastikan KPU Banggai periode 2018-2023 bakal didominasi wajah baru. Irman dan Hasrianti adalah aparatur sipil negara (ASN). Bukan tidak menutup kemungkinan, regulasi kedepan tidak membenarkan ASN untuk menjadi komisioner KPU. Sementara Dri Sucipto dan Teguh Yuwono adalah komisioner yang telah menjabat dua periode. Berdasarkan ketentuan, keduanya tidak diperkenankan untuk mencalonkan diri, kecuali naik satu tingkat yakni KPU Provinsi.
Satu-satunya komisioner yang punya peluang masuk dalam struktur KPU Banggai selama lima tahun kedepan adalah Amir Buhang. Selain baru satu periode (anggota KPU PAW) dan bukan ASN, Amir juga memiliki kemampuan. Bahkan diprediksi, Amir bakal menjadi Ketua KPU Banggai pasca Irman Budahu. (yan)

About uman