Home » Berita Utama » 5 OPD Tak Ikut Musrenbang
5 OPD Tak Ikut Musrenbang
Syafruddin Husain

5 OPD Tak Ikut Musrenbang

LUWUK-Lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Luwuk Utata tahap 1, Kamis (23/2). Kelima OPD tersebut yakni Badan Rumah Sakit Umum (BRSUD) Luwuk, Badan Kesbangpol, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan BPKAD Banggai.
Padahal pemaparan setiap program masing-masing OPD sangat penting bagi desa dalam menyusun APBDes. Sebab, program yang sudah dialokasikan oleh OPD pada tahun anggaran 2017, tidak bisa dimasukan dalam program desa yang dialokasikan melalui dana desa. “Tujuan pemaparan program di setiap OPD itu agar tidak tumpang tindih program antara desa dengan daerah,” kata Camat Luwuk Utara, Syarifudin Latuba, saat memimpin pleno Musrenbang, kemarin.
Meski demikian, Ia patut berbangga. Sebab, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Banggai memprogramkan pembangunan pagar kantor camat Luwuk Utara yang telah direalisasikan tahun ini. “Saya menjabat sebagai Camat Luwuk Utara baru sekitar 1 bulan, tapi sudah mau dibangun pagar. Patut berbangga,” katanya.
Sementara itu, pemandangan memiriskan terlihat pada Musrenbang di Kecamatan Batui Selatan Rabu (22/2). Tak satupun kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemda Banggai yang menampakkan batang hidungnya pada momentum itu. Tidak hanya masyarakat. Anggota dewan turut menyesalkan kondisi tersebut.
Anggota Komisi 3 DPRD Banggai, Syafruddin Husain Kamis (23/2) mengatakan, Musrenbang kecamatan tahap I ini mestinya dihadiri para kepala OPD. Sebab Musrenbang merupakan agenda penting dalam rangka penyusunan program anggaran tahun 2018, melalui penyerapan aspirasi masyarakat. “Yang hadir hanya dua Sekretaris Dinas (Sekdis), Kabid dan kebanyakan hanya Kasubid dan staf,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai ini.
Politisi yang biasa disapa Haji Udin ini menduga, para kepala OPD akan hadir Musrenbang kecamatan tahap II. Sebab agenda adalah penandatangan hasil musrenbang oleh Bupati dan Camat. “Mungkin saja mereka (Kepala OPD) ada, setelah pak Bupati hadir pada musrenbang tahap II, agar mereka dilihat aktif,” kata dia.
Sebanyak 236 program yang diusulkan warga yang tersebar pada 10 desa di kecamatan Batui Selatan. Akan tetapi ada beberapa item yang menjadi prioritas. Diantaranya pembangunan kantor Camat Batui Selatan, rumah dinas camat, tanggul dan bronjong sungai Sinorang di desa Sukamaju dan Bonebalantak, mobil ambulance, jalan usaha tani, pengadaan bibit kakao di desa Masungkang dan Maleo Jaya. “Tapi khusus pembangunan kantor Camat sudah ada anggarannya tahun ini,” ujar Haji Udin.(awi/yan)

About uman