Home » Metro Luwuk » Satu Anggota Polres Banggai Dipecat
Satu Anggota Polres Banggai Dipecat
Kapolres Banggai AKBP Benny Baehaki Rustandi, menanggalkan atribut Polri yang dipakai Brigpol Roy Steven Makahaube, dan digantikan dengan pakaian sipil, saat Upacara Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) di halaman Mapolres Banggai, Senin (20/2). Roy Steven dipecat karena terbukti meninggalkan tugas secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut.

Satu Anggota Polres Banggai Dipecat

LUWUK– Polres Banggai menjatuhi sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada seorang anggotanya, Brigpol Roy Steven Makahaube, karena terbukti melanggar kode etik Polri yakni meninggalkan tugas secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari berturut-turut.
Sanksi diberikan pada upacara PTDH yang dipimpin langsung oleh Kapolres Banggai AKBP Benni Baehaki Rustandi, di halaman Mapolres Banggai, Senin pagi (20/2). Didampingi dua anggota Provos, Kapolres Banggai langsung menanggalkan pakaian beserta atribut Polri Brigpol Roy Steven Makahaube, dan digantikan dengan pakaian sipil. PTDH ini dipertegas dengan surat keputusan Kapolda Sulawesi Tengan Nomor Kep/01/.2/2017/Sahrul, tentang PTDH dari dinas Kepolisian RI. Dalam sidang kode etik Polri, Brigpol Roy Steven Makahaube terbukti meninggalkan tugas secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut, sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 huruf (b) PP. RI NO. 2 Tahun 2003 tentang peraturan disiplin anggota Polri, Pasal 14 Ayat (1) huruf (a) PP. RI NO. 1 Tahun 2003 Tentang pemberhentian anggota Polri dan pasal 21 ayat (3) huruf (e) Perkap no. 14 Tahun 2001 tentang Kode Etik profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Dalam sambutannya, Kapolres Banggai AKBP Benni Baehaki Rustandi, SIK menegaskan, upacara PTDH dilaksanakan untuk memberikan efek jera bagi personil lainnya agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Sebab, akan merugikan anggota serta merugikan keluarga. “Anggota Polres Banggai harus melaksanakan tugas dengan baik, meningkatkan disiplin baik dalam pelaksanaan apel maupun kinerja di masing-masing satuan agar kedepan menjadi Polri yang lebih baik dan disenangi masyarakat,” tegasnya.
Kapolres mengajak seluruh anggota untuk memperbaiki diri, sikap, perilaku yang dapat mencerminkan sosok Polri yang dicontoh oleh masyarakat. Tugas Polri kedepan semakin penuh tantangan, karena itu yang masih kurang perlu dibenahi untuk melahirkan polisi yang baik dan profesional. (Awi)

About uman