Home » Politik » Gugatan IRHES ke MK Bakal Ditolak
Gugatan IRHES ke MK Bakal Ditolak
Ibrahim Moidady

Gugatan IRHES ke MK Bakal Ditolak

LUWUK— Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bangkep, Rudi Pakaya berapi-api atas rencana pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bangkep, Irianto Malingong-Hesmon Pandili (IRHES) untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), pasca pilkada di wilayah itu tanggal 15 Februari. Namun langkah hukum itu dipastikan tidak membuahkan hasil.
Ketua Kader Muda Demokrat (KMD) Kabupaten Banggai, Ibrahim Moidady yang dimintai pendapatnya, Senin (20/2) mengatakan, gugatan paslon IRHES ke MK bakal ditolak. Mantan Panwaslih Kecamatan Luwuk Selatan pada pilkada Banggai 2015 ini pun memiliki argumen.
Berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 2015 tentang Pilkada pasal 158 ayat 2 disebutkan, peserta pemilihan bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota dapat mengajukan permohonan pembatalan penetapan hasil penghitungan perolehan suara. Pada huruf a dijelaskan, untuk kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sampai dengan 250 ribu jiwa pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2 persen dari penetapan hasil perhitungan suara oleh KPU.
Nah, sambung Baim sapaan akrab Ibrahim Moidady ini, jika dikaitkan dengan konstalasi pilkada Bangkep, maka tidak bersyarat untuk mengajukan gugatan ke MK. Berdasarkan hasil real count KPU Bangkep, paslon Zainal Mus-Rais Adam (ZAMRA) meraih 26.605 suara atau 39,59 persen. Sedang paslon IRHES mengoleksi 22.117 suara atau 32,86 persen. Dengan perolehan suara kedua paslon itu, maka terdapat selisih sekitar 6 persen. Sementara dalam ketentuan, Bangkep yang memiliki jumlah penduduk 164.251 jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2 persen dari penetapan hasil perhitungan suara oleh KPU. “Dari hitungan itu sehingga gugatan IRHES ke MK tidak bersyarat dan tentu saja ditolak MK,” ujar Baim. Lagi pula MK tidak lagi berkewenangan memperkarakan perselisihan hasil pemilu (PHP) terkait money politic alias politik uang. (yan)

About uman